Breaking News:

Polres Pati

Satlantas Polres Pati Raih Predikat Terbaik Pelaksanaan Administrasi ETLE dan KOPEK

Sejak dicanangkan oleh Kapolri, Sabtu, 23 Maret 2021 lalu, Electronik Traffic Law Enforcement (ETLE) atau Tilang Elektronik menjadi salah satu program

Humas Polres Pati
Kasatlantas Polres Pati AKP Adis Dani Garta menerima penghargaan atas keberhasilan satuannya sebagai Satlantas Terbaik dalam hal penanganan ETLE dan KOPEK.  

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Sejak dicanangkan oleh Kapolri, Sabtu, 23 Maret 2021 lalu, Electronik Traffic Law Enforcement (ETLE) atau Tilang Elektronik menjadi salah satu program prioritas kepolisian. 

Ini merupakan sistem penegakan hukum di bidang lalu lintas yang berbasis teknologi informasi dengan memanfaatkan perangkat elektronik berupa kamera CCTV yang dapat mendeteksi berbagai jenis pelanggaran lalu lintas.

Selain untuk mendeteksi pelanggaran lalu lintas, sistem ETLE ini juga berguna untuk menjadi pendukung bukti kasus kecelakaan dan tindak kriminalitas di jalan raya dengan menggunakan teknologi face recognition yang ada dalam sistem tersebut.

Sedangkan KOPEK (Kamera Portable Penindakan Kendaraan Bermotor) adalah salah satu inovasi Ditlantas Polda Jateng untuk menunjang efektivitas ETLE dengan memasang kamera di helm milik Polisi Lalu Lintas. 

Setiap harinya petugas mengamati dan mencatat pelanggaran yang tertangkap kamera pengawas untuk kemudian data tersebut dilaporkan ke Ditlantas Polda. 

Satlantas Polres Pati berhasil meraih penghargaan sebagai Satlantas Terbaik dalam hal penanganan ETLE dan KOPEK. Hal ini merupakan bagian dari Analisis dan Evaluasi (Anev) semester II yang digelar oleh Ditlantas Polda Jateng dan penilaian ini dilakukan selama 1 tahun.

“Dari hasil evaluasi dan penilaian, alhamdulillah Satlantas Polres Pati menjadi yang terbaik kategori Tertib Administrasi dan Laporan Harian tahun 2021,” tutur AKP Adis Dani Garta selaku Kasatlantas Polres Pati melalui Kaur Bin Ops Satlantas Polres Pati IPDA Muslimin, Sabtu (18/12/2021).

Lebih lanjut disampaikan bahwa data informasi berupa foto atau rekaman video hasil dari ETLE dan KOPEK, setiap harinya kemudian masuk ke Ur. Tilang untuk selanjutnya diinputkan data-datanya.

Data lalu dikirimkan atau dilaporkan ke Ditlantas Polda Jateng. Sistem pengadministrasian dan pelaporan dari Polres Pati selalu tepat waktu dikirimkan setiap harinya. (*)

Baca juga: Pria Muba Tewas Dikeroyok Bapak dan Anak Setelah Sebelumnya Saling Tantang

Baca juga: Rodalink Buka Cabang ke-2 di Kota Semarang

Baca juga: 2 Mayat Remaja Korban Kecelakaan di Bandung Ditemukan di Sungai Serayu Banyumas

Baca juga: Ada Yang Baru Lur di Karanganyar, Tempat Makan Dengan Konsep Layaknya di Pantai

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved