Berita Kudus

Desa Margorejo Dicanangkan Sebagai Desa Wisata karena Duriannya

Kini gantian Desa Margorejo, Kecamatan Dawe yang dicanangkan sebagai desa wisata.

Penulis: Rifqi Gozali | Editor: sujarwo
Diskominfo Kudus
Bupati Kudus HM Hartopo (tengah) seusai prosesi pencanangan desa wisata di Desa Margorejo, Kecamatan Dawe, Kudus, Minggu (19/12/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Setelah sebelumnya Desa Gondosari, Kecamatan Gebog dicanangkan sebagai desa wisata, kini gantian Desa Margorejo, Kecamatan Dawe yang dicanangkan sebagai desa wisata.

Prosesi pencanangan dihadiri langsung oleh Bupati Kudus HM Hartopo, Minggu (19/12/2021).

Untuk Margorejo, potensi yang paling memungkinkan untuk dijual sebagai tujuan wisata karena buah duriannya.

Sebab, salah satu dukuh di desa tersebut, yakni Dukuh Pelang, sudah masyhur di kalangan warga Kudus akan kelezatan buah berkulita tajam itu.

Dalam pencanangan kali ini bertepatan dengan agenda tahunan yaitu 'Gebyar Ngunduh Duren'.

Bahkan Hartopo menyematkan tagline 'ingat duren, ingat Pelang'.

"Sejak dulu, Pelang memang sudah diingat sebagai tempatnya durian. Maka, saya minta pencanangan desa wisata ini menjadi kesempatan desa untuk lebih mengembangkan potensi," kata Hartopo.

Setelah pencanangan, saatnya pemerintah desa dan warga untuk terus 'menata' desa. Sarana prasarana dilengkapi agar wisatawan betah berkunjung ke Desa Margorejo.

UMKM desa pun perlu ditata agar wisatawan nyaman berkunjung ke Desa Margorejo.

Bantuan untuk pengembangan desa wisata pun akan digelontorkan sehingga penataan desa wisata optimal.

Diharapkan, desa wisata lebih mandiri dan dapat meningkatkan pendapatan yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat. Pengembangan tersebut akan terus dimonitor oleh Pemkab Kudus.

"Sekarang saatnya pemerintah desa dan masyarakat bergotong royong mewujudkan desa wisata yang optimal. Sarana dan prasarana dilengkapi. Masyarakatnya juga harus ramah menjadi tuan rumah bagi para wisatawan. Pengembangan akan kami pantau terus jadi jangan sampai mangkrak," kata dia.


Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus, Mutrikah, mengatakan, sejak 2020 sampai dengan 2021, Kabupaten Kudus telah mencanangkan 28 desa wisata yang telah dilegalkan oleh Bupati Kudus melalui surat keputusan.

Desa Margorejo merupakam satu dari 6 desa wisata yang ada di Kecamatan Dawe. Kelima desa lainnya yakni Japan, Dukuhwaringin, Ternadi, Kandangmas, dan Kajar.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved