Breaking News:

Berita Solo

Dukung UMKM untuk Jual Produk ke Luar Negeri, Tiga Institusi Kembangkan Rumah Ekspor Solo

DJBC, LPEI dan DJP yang berada di Solo bersinergi dan berkolaborasi dalam memberikan dukungan penuh kepada UMKM pemasaran hingga ke pasar luar negeri.

Penulis: Muhammad Sholekan | Editor: moh anhar
TRIBUN JATENG/MUHAMMAD SHOLEKAN
Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC), Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI), dan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) lakukan penandatanganan kerja sama (PKS) tentang Rumah Ekspor Solo (RES), Selasa (21/12/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC), Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI), dan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) lakukan penandatanganan kerja sama (PKS) tentang Rumah Ekspor Solo (RES).

Penandatanganan PKS ini dilakukan di Kota Solo pada Selasa (21/12/2021) oleh Kepala Kanwil DJBC Jateng dan DIY Muhammad Purwantoro, mewakili DJBC, Kepala Kanwil Ii LPEI, Ninik Martini mewakili LPEI, dan Kepala Kanwil DJP Jateng II mewakili DJP.

Sementara, untuk peresmian RES, secara simbolis dilakukan oleh Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa.

Baca juga: Anak Mau Ikut Vaksinasi Covid 19? Ketahui Manfaat dan Gejala Samping yang Mungkin Bisa Timbul

Baca juga: Hari Jadi ke-191 Purbalingga, Bupati Tiwi Beri Bantuan Bagi Guru Madin, P3N, ODKB dan Yatim Piatu

Sebagai informasi, Rumah Ekspor Solo berawal dari adanya perlambatan pertumbuhan ekonomi nasional, penurunan penerimaan negara, peningkatan belanja negara serta pembiayaan, dikarenakan pandemi Covid-19 yang lalu.

Menghadapi permasalahan tersebut, DJBC, LPEI dan DJP yang berada di Solo berinisiatif untuk bersinergi dan berkolaborasi dalam memberikan dukungan penuh kepada UMKM di wilayah Solo dan sekitarnya dalam mengembangkan usaha, khususnya pemasaran hingga ke pasar luar negeri.

Semangat sinergi dan kolaborasi tersebut kemudian kemudian dituangkan ke dalam PKS sebagai pedoman dalam operasional dan program RES.

Kegiatan yang digelar secara hybrid ini dihadiri oleh para pejabat yang berada di lingkungan Kementerian Keuangan, khususnya dari Ditjen Bea Cukai dan Ditjen Pajak, serta dari pejabat di lingkungan LPEI. 

Turut hadir pula para kepala daerah yang berada di wilayah Solo Raya, Kepala dinas terkait, perwakilan UMKM, serta instansi terkait lain yang mendukung pelaksanaan program dari RES.

Dalam acara tersebut, Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Askolani juga turut memeriahkan dengan memberikan keynote speech dan diadakan pula kegiatan takshow yang mengangkat tema “Ibu, Inspirasi Bisnis Unggulan untuk Karya Eksportir Solo Raya”.

Dalam talkshow tersebut, hadir pula para perwakilan UMKM yang juga memberikan testimoni terkait kolaborasi awal dari ketiga instansi dan bagaimana mereka mendapatkan bantuan dalam kegiatan ekspor mereka selama ini.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved