Breaking News:

Pemerintah Kaji Perpanjangan Insentif PPN DTP Properti

pembahasan kebijakan tersebut dilakukan oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Editor: Vito
TRIBUN JATENG/DESTA LEILA KARTIKA
ilustrasi - Pengunjung melihat-lihat penawaran satu stan perumahan dalam pameran properti. 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Dirjen Penyediaan Perumahan Kemen-PUPR, Khalawi Abdul Hamid mengatakan, pemerintah masih mengkaji rencana perpanjangan insentif kebijakan Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP) untuk sektor properti pada 2022.

"Saya sudah sampaikan ke Bu Sri Mulyani (Menteri Keuangan) bahwa insentif PPN DTP akhir tahun ini selesai, dan permohonan para pengembang perumahan agar kebijakan PPN DTP ini dapat diperpanjang hingga 2022," katanya, dalam Rakernas REI 2021, Senin (20/12).

Menurut dia, pembahasan kebijakan tersebut dilakukan oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. "Beliau (Sri Mulyani) sampaikan sedang dikaji oleh Kemenko Perekonomian Perkonomian," ujarnya.

Khalawi menjelaskan, di tengah pandemi covid-19, REI telah berhasil menunjukkan kinerja yang terbaik, terutama dalam mendukung pertumbuhan perekonomian di Indonesia.

Pada saat banyak sektor usaha gulung tikar, ia menyebut, sektor properti mampu bertahan dan tetap mencatatkan pertumbuhan positif.

"Kami tentu mengapresiasi, di masa pandemi covid-19, REI-lah yang telah memberikan motivasi, di mana banyak usaha collapse, tetapi sektor properti ini masih bisa menunjukkan kinerjanya," jelas dia.

Pada kuartal I/2021 sektor properti masih positif, sementara ekonomi nasional terkoreksi 0,74 persen. Catatan itu dinilai Khalawi sebagai pencapaian luar biasa.

Ia berujar, pemerintah berkomitmen untuk terus memberikan kemudahan, terutama bagi sektor properti yang memiliki multiplier effect bagi 174 industri ikutan lain.

Kemudahan itu dilakukan baik dalam bentuk perizinan, maupun berbagai macam insentif kebijakan yang dapat menjaga kinerja REI tetap positif meski di tengah pandemi covid-19. (Kompas.com/Ardiansyah Fadli)

 

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved