Breaking News:

Berita Pekalongan

Wali Kota Aaf: Tidak Sampai 10 Menit BEMBI Harus Sampai Lokasi Pasien yang Membutuhkan

RSUD Bendan Kota Pekalongan meluncurkan layanan ambulance Bendan Emergency Mobile.

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Indra Dwi Purnomo
Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid saat melihat simulasi mobil ambulans BEMBI di depan RSUD Bendan. 

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - RSUD Bendan Kota Pekalongan meluncurkan layanan ambulance Bendan Emergency Mobile (BEMBI).

Peluncuran layanan ambulance BEMBI ini, diresmikan langsung oleh Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid usai meresmikan ruang VVIP dan VIP Terang Bulan di RSUD Bendan.

Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid saat melihat simulasi mobil ambulans BEMBI di depan RSUD Bendan.
Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid saat melihat simulasi mobil ambulans BEMBI di depan RSUD Bendan. (Tribun Jateng/Indra Dwi Purnomo)

"Ambulance BEMBI adalah layanan kegawatdaruratan berupa mobil ambulance dengan harapan layanan ini bisa dengan memudahkan masyarakat untuk mengakses layanan ini dengan cepat," kata Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid kepada Tribunjateng.com, Selasa (21/12/2021).

Disampaikan, Aaf panggilan akrabnya Wali Kota Pekalongan ambulance tersebut dilengkapi dengan berbagai perlengkapan dan fasilitas yang memadai.

Mengingat, saat disimulasikan layanan tersebut, pihaknya menilai sangat luar biasa dalam merespon cepat kegawatdaruratan pasien yang didalamnya sudah dilengkapi SDM perawat yang sudah terlatih, bersertifikat, selektif dan layanan pertolongan medis yang lengkap.

"Kalau tadi simulasi tidak ada 1 menit, tetapi yang diharapkan kalau memang jarak rumah pasien dengan layanan ambulance ini agak jauh, harapannya tidak lebih dari 10 menit untuk sampai ke lokasi pasien yang membutuhkan pertolongan. Tinggal respon cepatnya itu yang harus diutamakan dan petugas medis bisa dengan segera menjemput pasien," imbuhnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Bendan dr Djunaidi menjelaskan, layanan ambulance BEMBI, pasien gawat darurat itu bisa tertangani dan sembuh pada saat penanganan itu bisa secepatnya.

"Layanan BEMBI ini bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada pasien yang membutuhkan pertolongan segera. Mengingat, selama ini banyak sekali keterlambatan-keterlambatan pasien yang dibawa ke rumah sakit, terutama pasien-pasien yang mengidap stroke," jelasnya.

Pihaknya menambahkan, saat ini layanan BEMBI sementara diprioritaskan untuk masyarakat Kota Pekalongan yang tengah sakit dan mau dirawat di RSUD Bendan, namun tidak menutup kemungkinan apabila layanan ini sudah berjalan dengan baik, maka akan diperluas untuk masyarakat di luar Kota Pekalongan dengan jarak tertentu. 

"Harapannya dengan layanan BEMBI, tidak ada lagi keraguan dari masyarakat untuk bisa mendapatkan pelayanan secepat-cepatnya. Saat, ini memang kita masih menyiapkan 1 buah mobil ambulance BEMBI, namun pada saat nanti permintaan masyarakat meningkat, kita sudah mempunyai cadangan 1 buah mobil lagi," tambahnya. (*)

 

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved