Breaking News:

Rincian 9 OPD Pemkab Tegal Raih Penghargaan

Pemerintah Kabupaten Tegal melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Award 2021.

Pemkab Tegal
Bupati Tegal Umi Azizah, saat menyerahkan piagam penghargaan kepada perwakilan 9 OPD yang mendapat kategori cukup informatif di ajang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Award 2021. Berlokasi di Gedung Dadali Pemkab Tegal, Rabu (22/12/2021).  

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Pemerintah Kabupaten Tegal melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Award 2021.

Adapun tema KIP award tahun ini adalah ”Peningkatan Kualitas Pelayanan Informasi Publik Bagi OPD Selaku Badan Publik yang Informatif." 


Kegiatan KIP award yang baru pertama kali diselenggarakan ini, diikuti seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tegal selaku Badan Publik, baik Dinas atau Badan, Sekretariat Daerah atau Sekretariat DPRD, Satpol PP, maupun 18 OPD Kecamatan. 


Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Tegal Bambang Kusnandar Aribawa mengatakan, dari hasil penilaian KIP award 2021 tercatat ada 9 OPD yang meraih kategori Cukup Informatif, 2 OPD kategori Kurang Informatif, dan 37 OPD lainnya Tidak Informatif. 


Capaian ini memang belum menggembirakan, tapi setidaknya sebagai bahan evaluasi pemerintah Kabupaten Tegal dan seluruh OPD untuk terus meningkatkan upaya mewujdukan keterbukaan informasi publik, sebagai amanat UU No 14 tahun 2008 dan aturan pelaksanaanya. 


Sebab dalam penilaian KIP award, nilai tertinggi adalah Informatif, kemudian kedua Menuju Informatif, ketiga Cukup Informatif, keempat Kurang Informatif, dan kelima atau terendah Tidak Informatif. 


"Dengan memberikan penganugerahan, diharapkan bisa memotivasi OPD  dalam peningkatan kualitas PPID pembantu  yang responsif, cepat dan tuntas dalam menyediakan, melayani informasi publik," kata Aribawa, dalam rilis yang diterima Tribunjateng.com, Rabu (22/12/2021). 


Dijelaskan, penilaian KIP award ada beberapa tahap, yaitu tahap satu dilakukan monev website PPID Pembantu, tahap dua penilaian mandiri atau self assessment qutionnere, tahap tiga dilakukan visitasi dan verifikasi, tahap empat atau terakhir diadakan uji publik dengan dewan juri. 


Untuk dewan juri terdiri dari Dinas Kominfo selaku PPID Utama, Dinas Kominfo Provinsi, serta juri dari unsur akademisi. Sedangkan nilai akhir KIP merupakan akumulasi dari semua tahapan penilaian. 


"Saya ucapkan selamat kepada OPD yang mendapat award dengan kategori cukup informatif, dan bagi yang kurang informatif dan tidak informatif semoga kedepannya bisa jauh lebih baik lagi," ujarnya. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved