Breaking News:

Berita Kabupaten Tegal

Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2021 di Kabupaten Tegal, Tak Ada Penyekatan Jelang Nataru

Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin 2021

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: muslimah

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Bupati Tegal Umi Azizah, didampingi Kapolres Tegal AKBP Arie Prasrtya Syafa'at, Dandim 0712 Tegal Letkol Inf. Charlie Clay L Sondakh, menjadi inspektur Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2021 yang dilaksanakan di halaman Pemda Kabupaten Tegal, Kamis, (23/12/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut para Kepala Dinas Kabupaten Tegal, Pejabat Utama Polres Tegal, para Kapolsek Jajaran Polres Tegal, dan tamu undangan lainnya.

Adapun peserta upacara terdiri dari anggota Subdenpom, Kodim 0712/Tegal, Anggota Polres Tegal, Satpol PP, Dinas Perhubungan, BPBD, PMI Kabupaten Tegal, Dinas Kesehatan, Rapi, dan Saka Bhayangkara.

Membacakan amanat dari Kapolri, Umi menekankan, Operasi Lilin Candi 2021 yang diselenggarakan oleh Polri berlangsung terpusat dan secara serentak di seluruh jajaran Polri, mulai dari tingkat Mabes hingga kesatuan kewilayahan.

"Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin 2021 dalam rangka pengamanan perayaan natal dan tahun baru (Nataru), baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan Mitra kamtibmas lainnya. Tadi saya juga sempat mengecek kesiapan kendaraan dan lain-lain semuanya dalam kondisi baik," ungkap Umi, pada Tribunjateng.com, Kamis (23/12/2021). 

Dikatakan, momen Natal dan Tahun Baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata yang akan meningkatkan aktivitas di pusat keramaian.

Oleh karena itu, Polri menyelenggarakan Operasi Lilin Candi 2021 untuk menciptakan situasi aman dan terkendali.

"Dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional, tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman," lanjut Bupati Tegal. 

Sementara itu, Kapolres Tegal AKBP Arie Prasetya Syafa'at menyampaikan, bahwa operasi lilin candi tahun 2021 ini menerjunkan 280 personel Polri ditambah instansi terkait seperti Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Satpol PP, BPBD, PMI, dan relawan.

Adapun personel tersebut akan menempati beberapa pos yang sudah disiapkan yaitu Pos Terpadu, Pos Pelayanan (Pos Yan), dan Pos Pengamanan (Pos Pam) yang tersebar di jalur pantura, jalur tol, jalur tengah, dan selatan.

"Operasi Lilin Candi tahun 2021 akan digelar selama 10 hari dimulai tanggal 24 Desember 2021 sampai tanggal 2 Januari 2022. Adapun selama operasi berlangsung sesuai arahan Kapolri tidak ada penyekatan, tapi kami melakukan beberapa aturan lalu lintas seperti penerapan ganjil genap, pemberlakuan satu arah, dan lain-lain," ungkap Kapolres. (dta) 

 

TONTON JUGA DAN SUBSCRIBE :

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved