Breaking News:

Guru Berkarya

Memanfaatkan Media Sosial, Belajar dan Wirausaha

Perkembangan dan perubahan teknologi memberikan dampak dalam berbagai bidang termasuk proses pembelajaran.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Siti Khalimah SPd MSi, Guru SMKN 1 Pemalang  

Oleh: Siti Khalimah SPd MSi, Guru SMKN 1 Pemalang 

PERKEMBANGAN dan perubahan teknologi memberikan dampak dalam berbagai bidang termasuk proses pembelajaran. Media sosial menjadi salah satu sarana yang dapat membantu guru dalam menyampaikan pembelajaran dan mempraktekkan berbagai macam materi termasuk materi pembelajaran di SMK N 1 Pemalang Kabupaten Pemalang.

Jejaring sosial atau media sosial memiliki manfaat yang sangat luas terutama pembelajaran mata pelajaran Perencanaan Bisnis Kelas 10 Bisnis dan Pemasaran. Kepemilikan media sosial peserta didik bahkan mempunyai lebih dari satu akun jejaring sosial.

Jejaring sosial yang populer saat ini di antaranya Twitter, Path, Tumblr, Facebook, MySpace, WhatshApp, Instagram, Pinterest atau bahkan Google+. Andreas M Kaplan dan Michael Haenlein (2010: 14) mengungkapkan media sosial atau jejaring sosial adalah sebuah kelompok aplikasi berbasis Internet yang dibangun dengan dasar-dasar ideologis Web 2.0 (yang merupakan platform dari evolusi media sosial) yang memungkinkan terjadinya penciptaan dan pertukaran dari User Generated Content.

Aditya Firmansyah (2010:10) turut menjelaskan bahwa jejaring sosial merupakan situs berbasis pelayanan yang memungkinkan penggunanya untuk membuat profil, melihat list pengguna yang tersedia serta mengundang atau menerima teman untuk bergabung dalam situs tersebut. Profil yang utama ada di jejaring sosial adalah nama dan identitas. Salah satu jejaring sosial yang menjadi favoritnya adalah Facebook.

Berbagai personal di semua belahan dunia memanfaatkan Facebook dalam jejaring sosialnya termasuk peserta didik SMKN 1 Pemalang Kabupaten Pemalang. Facebook telah menjadi jejaring sosial yang terbesar dan manfaatnya yang sangat terasa. Hampir seluruh masyarakat di dunia ini mengenal Facebook bahkan menjadi pengguna Facebook.

Facebook adalah platform media sosial dengan jumlah pengguna yang besar. Fitur yang ditawarkan oleh Facebook yang cukup menarik dan belum ada di sosial media sebelumya membuat banyak orang menggunakannya. Di era digital ini selain digunakan untuk berkomunikasi, jejaring sosial yang satu ini juga banyak digunakan oleh pebisnis untuk menjual produk miliknya terutama bagi bisnis online.

Demikian juga penjualan melalui Facebook ini diajarkan di Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran sebagai salah satu pemasaran melalui media sosial sesuai dengan KD 3.9 menerapkan kegiatan usaha. Facebook menyediakan berbagai fitur untuk mengembangkan merek, menumbuhkan bisnis, dan mengelola strategi periklanan dalam pemasaran. Pada masa sekarang ini Facebook sudah banyak perubahan yang menjadikan Facebook menjadi lebih lengkap dan sangat menarik.

Facebook marketing juga merupakan media marketing yang yang paling potensial. Alasannya, jumlah penggunanya sangat besar dan terus meningkat. Cara berjualan di Facebook pertama cara jualan online dengan update status. Kedua cara jualan online lewat Facebook grup. Ketiga cara jualan onlie di Facebook Marketplace.

Jika selama ini Facebook belum digunakan untuk pemasaran atau bisnis, ada baiknya mulai membuat Facebook untuk meningkatkan pendapatan. Strategi Facebook marketing mulai dengan tujuan yang jelas; Kenali target pasar Anda; Ciptakan konten yang menarik; Jadwalkan posting konten dengan baik; Aktif berkomunikasi dengan audiens; Tentukan budget yang sesuai; monitor dan analisis strategi Anda.

Melalui berbagai macam fitur yang ditawarkan oleh Facebook ini membuka peluang peserta didik SMK dari Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran untuk dapat belajar bisnis online sekaligus melakukan promosi dan pemasaran produk online. Pemanfaatan media sosial atau jejaring sosial berupa aplikasi facebook ternyata sangat berimplikasi terhadap pemahaman peserta didik pada materi pembelaaran. Peserta didik dapat melakukan pembelajaran sekaligus praktek pemasaran produk usaha yang dimilikinya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved