Breaking News:

UKSW Salatiga

Pasarkan Potensi Dusun Gedong, Dosen FTI UKSW Salatiga Rancang Website

Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi UKSW melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat untuk memberdayakan masyarakat Dusun Gedong.

Editor: abduh imanulhaq
UKSW SALATIGA
Dosen dan mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (FTI) UKSW Salatiga melakukan PkM untuk memberdayakan masyarakat Dusun Gedong, Kabupaten Semarang 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Dusun Gedong terletak di lereng Gunung Merbabu, Kabupaten Semarang berada di ketinggian 1700 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan memiliki akses jalan yang menanjak dan ekstrim.

Kondisi geografis tersebut membuat banyak potensi Dusun Gedong, seperti destinasi wisata andalan Gedong-Pass (G-Pass), sayuran organik, kopi, tembakau, susu dan olahannya yang memiliki nilai ekonomis belum terpublikasikan.

Kondisi ini mendorong tim dosen dan mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), dengan hibah pendanaan bantuan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Dirjen Diktiristek) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Tahun Anggaran 2021 melakukan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) untuk memberdayakan masyarakat Dusun Gedong.

Tim ini terdiri dari Dr. Evi Maria, M.Acc., Ak., CA. sebagai ketua, serta dua anggota yaitu Suharyadi, S.Kom., M.Cs, dan Purwanto, S.E., M.Cs.

Transaksi sayur & paket wisata

Dr. Evi Maria, S.E., Akt., M.Acc,mengungkapkan pemberdayaan yang dilakukan adalah dengan pembuatan website untuk mempublikasikan dan memasarkan seluruh potensi Dusun Gedong yang memiliki nilai ekonomis dan siap untuk dijual.

Dengan menerapkan teknologi informasi tim ini berharap potensi Dusun Gedong dapat terpublikasikan dengan jangkauan yg lebih luas dan berdampak pada peningkatan kesejahteraan warga, khususnya di saat era new normal seperti sekarang ini.

"Website ini merupakan hasil penelitian dan purwarupa dari tim dosen UKSW. Sebelum pembuatan website, tim telah mengadakan focus group disscussion dengan pengurus karang taruna Kridha Arum yang merupakan pengelola usaha disana untuk mengindentifikasi kebutuhan dan isi konten website Dusun Gedong," jelasnya.

Ditambahkan Suharyadi, S.Kom,. M.Cs, website ini sudah didesain dan diatur sesuai dengan kebutuhan Dusun Gedong.

"Jadi tidak perlu khawatir karena website di setting mudah untuk pengoperasiannya. Kami dan tim mahasiswa Prodi S1 Sistem Informasi dan D3 Sistem Informasi Akuntansi akan mendampingi karang taruna agar dapat menggunakan website secara optimal. Pendampingan dilakukan karena informasi yang diterima dari ketua karang taruna, Wahono, ada 20 titik WiFi di dusun ini tetapi belum ada alat dan SDM yang mampu menggunakannya untuk memaksimalkan potensi dusun,” katanya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved