Breaking News:

Guru Berkarya

Efektivitas Pembelajaran BTIK dengan Google Classroom

Masa pandemi belum berakhir dalam waktu yang belum bisa di prediksikan  walaupun kasus penularan secara nasional semakin hari semakain turun.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Didik Hadi Purnomo SPd, Guru SMPN 1 Siwalan Kab Pekalongan 

Oleh: Didik Hadi Purnomo SPd, Guru SMPN 1 Siwalan Kab Pekalongan

Masa pandemi belum berakhir dalam waktu yang belum bisa diprediksikan walaupun kasus penularan secara nasional semakin hari semakain turun. Proses belajar mengajar masih belum bisa  dibuka pelayanan tatap muka secara penuh. Sehingga penggunaan aplikasi yang berbasis daring masih sangat dibutuhkan.

Mata pelajaran TIK/KKPI di dalam kurikulum 2013 diganti dengan BTIK (Bimbingan TIK) berupa layanan kepada siswa baik secara klasikal maupun individual serta memberikan layanan kepada tenaga pendidik dan kependidikan. Proses belajar mengajar di SMPN 1 Siwalan selama PJJ Khususnya Bimbingan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BTIK) ada beberapa persoalan antara lain yaitu ketertarikan dan antusias peserta didik masih rendah bahkan partisipasi di bilang kurang signifikan.

Media pembelajaran online satu-satunya yang banyak di gunakan adalah WA (Whatsapp) dan ini kurang interaktif bahkan cenderung sangat membosankan. Bisa dilihat dari prosentase keikutsertaan siswa dalam proses pembelajaran bahkan ketepatan pengumpulan tugas yang diberikan oleh bapak/ibu guru sangat rendah. Sehingga perlu alternatif penggunaan media pembelajaran yang efektif sehingga persoalan-persoalan dengan tanggung jawab sebagai siswa akan lebih cepat terselesaikan.

Sebagian besar tenaga pendidik masih menggunakan aplikasi WA (WhatsApp) untuk pembelajaran selama daring. Sebenarnya banyak aplikasi daring yang baik yang berbasis LMS (Learning management System). LMS adalah perangkat lunak yang dirancang untuk membuat, dan mengatur penyampaian materi pembelajaran.

Dari beberapa aplikasi LMS yang sekarang sangat viral dan banyak digunakan terutama di kalangan pendidikan yang digunakan untuk proses belajar mengajar yaitu Google Classroom. Menurut Prihadi (2020:32) Google Classrom  merupkan platform berbasis web  yang sangat mudah untuk mengajar secara online, dimana google classrom secara khusus untuk pembelajaran jarak jauh yang sangat mudah digunakan bagi para pendidik dan murid agar  saling berinteraksi.

Google Classroom  didukung dengan fitur-fitur yang semakin canggih. Fitur-fitur ini meupakan kolaborasi antara Google Docs, Google Sheets, Goole Drive, Google Calender dan Slides yang semuanya bersama-sama berkotribusi dalam membantu dunia pendidikan.

Fitur yang dapat digunakan oleh guru di google classroom antara lain membuat kelas, membuat tugas, membuat soal online, membuat pengumuman, menyiman materi dan melakukan penilaian tanpa kertas. Guru dapat menambahkan materi dari youtube, menambahkan link, survei google forms dan dokumen-dokumen yang bisa di-share lewat google drive serta dapat melakukan tanya jawab dengan siswa secara interaktif.  Bahkan bisa melakukan tatap nuka secara virtual dengan menggunakan google meet.

Dalam fitur yang disediakan juga dapat melibatkan orang tua untuk mengetahui pekerjaan dan tugas-tugas yang di berikan ke anaknya. Sehingga orang tua bisa memantau setiap saat secara real-time. Dengan Google Classrom akan sangat memudahkan pekerjaan guru dan tentunya anak merasa terpantau oleh orang tuanya.

Sebagai murid, pengumpulan tugas bisa dikerjakan secara langsung di google clasrrom. Mereka juga bisa melihat nilai yang diberikan oleh gurunya. Sehingga siswa dengan google classrom mereka  secara pasti akan tahu hasil nilai akhir dari suatu mata pelajaran. Hal ini akan mendorong siswa untuk termotivasi untuk mengejakan tugas sebaik-baiknya dan tepat waktu

Menggunakan google classroom sangat memudahkan dalam proses belajar mengajar lebih efektif. Belajar mengajar secara daring menggunakan google classrom akan sangat membantu baik itu sebagai seorang guru, siswa bahkan orang tua. Semua terintegrasi kedalam kelas maya yang bernama google classroom tanpa batas ruang dan waktu. Sehingga pembelajaran akan semakin efektifitas dan optimal. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved