Breaking News:

Guru Berkarya

Pengaruh Penggunaan Medsos Terhadap Perilaku Sosial Siswa

Media sosial (Social Media) adalah saluran atau sarana pergaulan sosial secara online di dunia maya (internet).

Editor: abduh imanulhaq
IST
Ratna Herawati SPd, Guru SMPN 2 Sragi Kab Pekalongan 

Oleh: Ratna Herawati SPd, Guru SMPN 2 Sragi Kab Pekalongan

MEDIA sosial adalah saluran atau sarana pergaulan sosial secara online di dunia maya (internet). Para pengguna (user) media sosial berkomunikasi, berinteraksi, saling kirim pesan dan saling berbagi (sharing) dan membangun jaringan (networking).

Jejaring sosial merupakan situs dimana setiap orang bisa membuat web page pribadi, kemudian terhubung dengan teman-teman untuk berbagi informasi dan berkomunikasi. Jejaring sosial terbesar antara lain Facebook, Myspace, dan Twitter. Media sosial mengajak siapa saja yang tertarik untuk berpertisipasi dengan memberi kontribusi dan feedback secara terbuka, memberi komentar, serta membagi informasi dalam waktu yang cepat dan tak terbatas.

Siswa di jenjang SMP dikategorikan masuk pada peralihan atau Remaja yang berasal dari kata latinĀ  adolensence yang berarti tumbuh menjadi dewasa. Menurut Sri Rumini & Siti Sundari (2004: 53), masa remaja berlangsung antara umur 12 tahun sampai dengan 21 tahun bagi wanita dan 13 tahun sampai dengan 22 tahun bagi pria. Sedangkan pengertian remaja menurut Zakiah Darajat (1990: 23) adalah masa peralihan diantara masa kanak-kanak dan dewasa. Dalam masa ini anak mengalami masa pertumbuhan dan masa perkembangan fisiknya maupun perkembangan psikisnya.

Dari pengertian remaja menurut beberapa ahli dapat disimpulkan sebagaimana yang dipaparkan oleh Sri Rumini & Siti Sundari, Zakiah Darajat, dan Santrock tersebut menggambarkan bahwa masa remaja adalah masa peralihan dari masa anak-anak dengan masa dewasa dengan rentang usia antara 12-22 tahun. Pada masa tersebut terjadi proses pematangan baik itu pematangan fisik, maupun psikologis.

Remaja awal (early adolescent) seorang remaja pada tahap ini masih terheran-heran akan perubahan-perubahan yang terjadi pada tubuhnya sendiri Mereka mengembangkan pikiran-pikiran baru, cepat tertarik pada lawan jenis, kepekaan yang berlebih-lebihan ini ditambah dengan berkurangnya kendali terhadap ego menyebabkan para remaja awal ini sulit dimengerti dan dimengerti orang dewasa, lalu pada usia remaja (early adolescent). Perkembangan sosial pada masa ini adalah sedang mencari identitas diri, pembebasan diri dari dominasi keluarga, masa dengan kemampuan bersosialisasi yang kuat terhadap teman dekat dan teman sebaya.

Oleh sebab itu dampak dari medsos yang tidak terkontrol dan tidak dikondisikan sebagian pengaruhnya juga berdampak bagi perkembangan sosialnya sebab pengaruh atau dampak medsos ada yang berdampak negatif bagi perkembangan fisiknya maupun perkembangan psikisnya. Ddi antara dampak negatif adalah Satu, Menjadi malas belajar berkomunikasi di dunia nya. Dua, Situs jejaring sosial akan membuat remaja lebih mementingkan diri sendiri. Tiga, Menjadikan seorang remaja menjadi malas belajar karena sering bermain games on line. Empat, Semakin maraknya penipuan, kejahatan penculikan remaja putri, judi on line. Lima, Media sosial juga terkadang digunakan untuk bisnis prostitusi

Kemampuan seorang pendidik untuk memberikan pemahaman yang tepat kepada setiap peserta didik dalam menggunakan media sosial bisa memberikan jaminan pada masa depan seorang peserta didik. Berbagai macam virus yang bisa merusak pola pikir dan perilaku seorang peserta didik yang merupakan buah dari ketidakmampuan menggunakan media sosial secara tepat dan bijak bisa di netralisir lewat kepekaan dan kesanggupan pendidik mensuplai setiap peserta didik dengan pemahaman yang tepat.

Salah satu indikator seorang pendidik bisa dinobatkan sebagai seorang pendidik yang hebat di era sekarang adalah apabila dia sanggup dan berhasil mengarahkan setiap peserta didiknya untuk bisa menggunakan media sosial secara tepat. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved