Breaking News:

Berita Pekalongan

Dishub Kota Pekalongan Siapkan Rekayasa Lalulintas Pengalihan Arus pada Malam Pergantian Tahun

Ruas-ruas jalan yang direkayasa yakni menuju tempat umum yang berpotensi menimbulkan kerumunan mass

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: galih permadi
ISTIMEWA
Pospam Monumen, Kota Pekalongan, Jawa Tengah 

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Guna mengantisipasi kepadatan volume kendaraan di jalur Pantura Kota Pekalongan saat libur akhir tahun, Dinas Perhubungan setempat menyiapkan  rekayasa lalu lintas.

Ruas-ruas jalan yang direkayasa yakni menuju tempat umum yang berpotensi menimbulkan kerumunan massa, di antaranya Alun-Alun Kota Pekalongan, Lapangan Jetayu, dan Kompleks Lapangan Mataram.


Di lokasi-lokasi tersebut nantinya arus lalu lintas akan dialihkan. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekalongan Slamet Prihantono, Selasa (28/12/2021).


"Rekayasa lalu lintas, akan lebih terfokus pada pengalihan arus yang dilaksanakan di malam tahun baru saja.

Rencana di tempat-tempat umum seperti di Lapangan Jetayu, Lapangan Mataram dan Alun-Alun Kota Pekalongan," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekalongan Slamet Prihantono.


Slamet menjelaskan, lalu lintas di ruas jalan tersebut akan dialihkan sekitar sore hari, dimana untuk menekan tingkat mobilitas warga untuk berkumpul dan datang ke area tersebut.

 

Apalagi diprediksi, arus mudik liburan akan di mulai tanggal 31 Desember 2021.


"Antisipasi kepadatan volume kendaraan, kami sudah menyiapkan jalur alternatif. Pertama apabila pemudik dari arah Jakarta ke Semarang melewati Jalan KH Mas Mansyur padat, dialihkan melewati Jalan Hayam Wuruk.

Lalu, apabila Jalan Hayam Wuruk padat akan dialihkan melewati Jalan Imam Bonjol, Jalan Salak, Jalan Bandung, Jalan Seruni hingga ke arah Terminal Pekalongan."


"Sementara, apabila Jalan Imam Bonjol penuh, petugas akan mengalihkan ke Jalan Kemakmuran, Jalan Salak, Jalan Seruni hingga ke Terminal Pekalongan," jelasnya.


Mengingat, sampai saat ini pandemi Covid-19 belum usai, maka pihaknya meminta kepada seluruh masyarakat untuk tidak melakukan segala bentuk kegiatan yang menimbulkan kerumunan. 


"Ada juga tiga posko dalam pengamanan tahun baru yaitu di Pospam Monumen, Pospam Matahari, dan Exit Tol Grosir Setono," tambahnya. (Dro)

 

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved