Breaking News:

Guru Berkarya

Tutor Sebaya Membantu Pembelajaran Bilangan

Pembelajaran Matematika di sekolah dasar mempunyai peran yang sangat penting untuk membekali pemahaman peserta didik sejak dini.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Sri Kirnawati SPd, Guru SDN 02 Tegalmlati Kec Petarukan Kab Pemalang 

Oleh: Sri Kirnawati SPd, Guru SDN 02 Tegalmlati Kec Petarukan Kab Pemalang

PEMBELAJARAN Matematika di sekolah dasar mempunyai peran yang sangat penting untuk membekali pemahaman peserta didik sejak dini. Karena dalam kehidupan sehari-hari peserta didik tidak pernah lepas dari dunia matematika termasuk keterampilan menghitung. Matematika juga merupakan ilmu dasar yang sudah menjadi alat untuk mempelajari ilmu-ilmu yang lain.

Pengajaran matematika di sekolah dasar salah satunya adalah menumbuhkembangkan keterampilan berhitung dalam kehidupan sehari-hari. Objek matematika berkenaan dengan ide-ide dan konsep-konsep abstrak yang tersusun secara hirarki dan penalarannya deduktif. Hal tersebut seperti diungkapkan Soedjadi yang dikutip Heruman (2008:4) bahwa hakikat matematika adalah memiliki objek tujuan abstrak, bertumpu pada kesepakatan dan pola pikir yang deduktif. Hasil belajar matematika menunjukkan masih lebih dalam taraf standar bahkan cenderung rendah.

Mata pelajaran matematika salah satu mata pelajaran yang masih perlu ditingkatkan termasuk yang terjadi di SDN 02 Tegalmlati Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang. Berdasarkan analisis nilai hasil belajar subjek Matematika sebelumnya bahwa kesulitan siswa meliputi pemahaman materi matematika yang berada pada level sedang sampai dengan sulit. Oleh karena itu, perlu adanya strategi yang tepat dalam pembelajaran matematika.

Karakteristik siswa yang senang bergaul dengan teman sebaya dan bekerjasama sangat tepat bila dilakukan dengan pembelajaran secara berkelompok. Salah satunya yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran Tutor Sebaya.

Penyebab rendahnya penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran Matematika. Guru tidak melibatkan siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Media pembelajaran yang digunakan kurang memadai sehingga pengetahuan siswa cenderung abstrak. Model yang digunakan kurang tepat sehingga diperlukan solusi pembelajaran yang mengiringi siswa untuk aktif, kreatif dan berinisiatif dalam pembelajaran. P

erlu adanya model pembelajaran yang mendorong keterlibatan aktif siswa selama proses pembelajaran berlangsung yaitu model pembelajaran dengan diskusi kelompok (kooperatif) Menggunakan model pembelajaran tutor sebaya sebagai media belajar matematika. Mengupayakan model pembelajaran yang akan mampu meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa yaitu dengan model pembelajaran tutor sebaya pada kelompok kecil. Guru dan siswa memiliki perhatian yang sama terhadap topik yang dibicarakan dalam diskusi tutor sebaya.

Penggunaan model tutor sebaya dengan kelompok kecil sebenarnya bukan saja salah satu cara dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa. Tetapi model tutor sebaya dengan kelompok kecil dapat melatih siswa untuk mengembangkan ketrampilan berkomunikasi dan membentuk kompetensi kompetensi serta interaksi sosial dalam berinisiatif untuk memecahkan permasalahan matematika pada materi yang dipelajarinya.

Dari hasil observasi pemanfaatan model tutor sebaya dengan kelompok kecil dapat efektif. Namun proses perbaikan pembelajaran belum maksima. Di samping itu sebagian siswa masih kurang aktif dalam pembelajaran karena kurangnya motivasi dari guru.

Pemanfaatan model tutor sebaya dengan kelompok kecil sudah efektif. Mayoritas siswa sudah aktif dalam pembelajaran. Aktivitas siswa dan keterlibatan siswa meningkat dan siswa mempunyai inisiatif dalam mengerjakan tugas tugasnya.

Penggunaan model pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa pada hasil kegiatan pembelajaran.

Model pembelajaran tutor sebaya dengan kelompok kecil dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika pada materi Penjumlahan dan pengurangan Bilangan di kelas 1 SDN 02 Tegalmlati Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa pada pembelajaran. Siswa sangat menikmati proses pembelajaran dengan riang gembira. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved