Breaking News:

Berita Banjarnegara

Bantu Entaskan Kemiskinan Ekstrem, Baznas dan Korpri Salurkan Bantuan Rehab 110 Rumah Tak Layak Huni

Baznas dan Korpri Banjarnegara berkolaborasi membantu masyarakat yang membutuhkan.

Penulis: khoirul muzaki | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Khoirul muzaki
Penyerahan bantuan rehab RTLH Baznas Kabupaten Banjarnegara, Rabu (29/12/2021). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, BANJARNEGARA - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Banjarnegara berkolaborasi membantu masyarakat yang membutuhkan.

Kali ini Baznas bersama Korpri menyalurkan bantuan untuk rehab 110 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) bagi warga miskin di wilayah Kabupaten Banjarnegara.

Ketua Baznas Banjarnegara, Sutedjo Slamet Utomo menyampaikan, bantuan RTLH tersebut akan diberikan kepada warga di desa tertinggal dan desa yang ada dalam data kemiskinan ekstrem.

"Masing-masing penerima bantuan mendapatkan Rp 15 juta untuk rehab RTLH. Jadi totalnya Rp 1.650.000.000 untuk 110 unit rumah," terangnya  di Sasana Abdi Praja Setda, Rabu (29/12/2021) 

Selain rehab RTLH, pada kegiatan ini juga dilaksanakan pentasarufan dana zakat untuk konsumtif bagi 2.600 mustahik atau penerima manfaat. Setiap penerima mendapatkan Rp 500.000.

Dana zakat senilai Rp 1.300.000.000 itu diberikan untuk fakir miskin, anak sekolah dan Tenaga Harian Lepas (THL). 

Sutedjo mengapresiasi Korpri yang telah mendorong para ASN untuk berzakat 2,5 persen dari penghasilan.

"Dana zakat ini sebagian besar berasal dari para ASN. Mereka mempercayakan kepada Baznas untuk dikelola dan ditasarufkan kepada yang berhak menerima," katanya

Plh Bupati Banjarnegara, Syamsudin menuturkan, saat ini Pemerintah Kabupataen Banjarnegara masuk sebagai salah satu kabupaten miskin ekstrem di Provinsi Jawa Tengah.

Sehingga semua sektor dan stakeholder harus bersatu menyelesaikan permasalahan ini untuk mengurangi angka kemiskinan ekstrem itu. 

Dia menilai sinergitas antara Baznas dan Korpri  menjadi salah satu wujud nyata gotong royong dalam membantu mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Banjarnegara. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved