Breaking News:

Berita Kudus

Ekonomi dan Pariwisata Mulai Menggeliat, Gus Yasin: Ini Kesempatan Bagi Pelaku UMKM

Sektor ekonomi dan pariwisata di Jawa Tengah mulai menggeliat setelah terkena dampak Covid-19. Ini kesempatan UMKM untuk ambil bagian.

Penulis: Rifqi Gozali | Editor: moh anhar
TRIBUN JATENG/RIFQI GOZALI
Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maemun, saat sambutan dama pelantikan Aspoo Jaea Tengah di Aula Mubarokfood Kudus, Rabu (29/12/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS – Sektor ekonomi dan pariwisata di Jawa Tengah mulai menggeliat setelah terkena dampak Covid-19.

Ini merupakan kesempatan bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk ambil bagian.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maemun saat pelantikan pengurus Asosiasi Pengusaha Oleh-oleh (Aspoo) Jawa Tengah di Aula  Mubarokfood Kudus Jalan Sunan Muria 33 Kudus, Rabu (29/12/2021).

Gus Yasin, begitu dia akrab disapa mengatakan, pihaknya saat ini tengah fokus dalam pemulihan ekonomi dari hantaman Covid-19, sebelumnya pihaknya juga berupaya dalam menangani Covdi-19 dari segi medis.

Baca juga: Kembangkan Perkebunan Desa Kalisalak Banyumas, Penanaman Bibit Kapulaga dan Durian Digencarkan

Baca juga: Belum Terlihat di Lapangan, Manajer PSIS Jelaskan Status Striker Asing Baru

Dalam upaya pemulihan di sektor ekonomi yang paling memungkinkan yakni dengan membangkitkan kembali para pelaku UMKM.

“Apa saja yang bisa untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di era Covid-19. Ternyata ada tiga, pertama kuliner, pakaian, dan kerajinan. Ketiganya ini adalah UMKM,” kata Gus Yasin.

Gus Yasin sadar, untuk pemulihan ekonomi harus dilakukan dari bawah, yakni dengan kembali menggeliatkan para pelaku UMKM agar tetap bertahan dan bisa berkembang.

Apalagi baru-baru ini ekonomi dan pariwisata sudah mulai menggeliat, tentu itu menjadi kesempatan bagi pelaku UMKM untuk mengambil kesempatan. Sebab, pariwisata yang sarat akan oleh-oleh, sejauh ini memang paling banyak diproduksi oleh pelaku UMKM.

Di hadapan para pengusaha oleh-oleh di Jawa Tengah, Gus Yasin menyarankan kepada mereka untuk kembali gencar melakukan promosi di titik-titik strategis.

Misalnya di bandara. Pihaknya pun siap untuk membantu mencarikan stand sebagai wadah promosi bagi para pelaku usaha oleh-oleh di Jawa Tengah.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved