Breaking News:

Guru Berkarya

Memanfaatkan Aplikasi Canva dalam Pembelajaran Greeting Card

Indonesia sedang tidak baik-baik saja, pandemi covid-19 memberikan efek disemua bidang tidak terkecuali dunia Pendidikan.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Dila Kusumawati MPd, Guru SMPN 1 Mungkid Kab Magelang 

Oleh: Dila Kusumawati MPd, Guru SMPN 1 Mungkid Kab Magelang

INDONESIA sedang tidak baik-baik saja. Pandemi Covid-19 memberikan efek di semua bidang tidak terkecuali dunia pendidikan. Pembelajaran yang awalnya bertatap muka menjadi berubah bertatap maya. Pandemi sudah hampir dua tahun melanda negeri ini dan masih harus bersabar menanti untuk bisa pulih sepenuhnya.

Guru sebagai ujung tombak pendidikan harus mampu menjalankan perannya sebagai pelayan siswa dengan sebaik-baiknya. Dengan segudang pengalaman yang pernah dilakukan akan sangat membantu guru dalam melaksanakan tugasnya untuk mendidik dan mengajar.

Walau hambatan lebih banyak ditemukan selama pembelajaran masa pandemi karena pembelajaran jarak jauh tidak menyurutkan semangat guru untuk memberikan layanan yang terbaik. Guru banyak mendapatkan hal positif selama masa pandemi ini dengan lebih banyak belajar tentang bagaimana menggunakan media IT (Informasi dan tehnologi) dalam pembelajaran jarak jauh.

Banyak media pembelajaran yang tersedia di internet. Apabila guru belum bisa membuat sendiri maka guru bisa mengunduh media di internet tanpa harus dikenai biaya. Namun akan lebih memuaskan apabila guru membuat media pembelajaran sendiri sesuai dengan yang diinginkan.

Karena tidak semua guru memiliki dasar IT yang bagus maka banyak guru yang berlomba-lomba mengikuti kegiatan pelatihan yang banyak dilakukan secara daring selama pandemi ini. Hasil dari mengikuti pelatihan bisa langsung dipraktikkan untuk membuat media yang interaktif.

Dengan media siswa akan lebih merasa senang dalam belajar karena lebih menarik dibandingkan guru tidak menggunakan media apapun. Apabila siswa merasa senang belajar ini akan berdampak pada hasil pembelajaran. Tentu saja ini akan memberikan kontribusi positif bagi sekolah terutama kualitas pembelajaran.

Kualitas pembelajaran yang baik akan memberi suasana pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan. Ini sejalan dengan tujuan pendidikan yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan juga tujuan Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara yaitu “menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat.”

Kurikulum Bahasa Inggris masa pandemi kelas 8 SMP KD 4.2. pada yaitu “siswa dapat menyusun teks khusus dalam bentuk greeting cards, sangat pendek dan sederhana, terkait hari hari spesial dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks”. Menurut Darmawan (2020:32) Canva merupakan salah satu aplikasi yang bisa di jadikan sebagai media pembelajaran dalam berkreasi. Dengan menggunakan aplikasi Canva siswa menjadi lebih tertarik dan tertantang untuk dapat membuat greeting card (kartu ucapan).

Hasil kartu ucapan siswa menggunakan Canva bisa dibuat dengan banyak animasi. Siswa menjadi lebih asyik dalam belajar bahasa Inggris sekaligus mempraktikan ketrampilan menggunakan  IT-nya. Kartu ucapan yang interaktif terlihat lebih menarik ketika dicetak maupun dikirim secara virtual. Siswa menjadi senang belajar bahasa Inggris karena mereka berupaya membuat kartu ucapan dengan bahasa Inggris dan diberikan kepada orang yang spesial.

Guru menyediakan link tempat siswa mengunggah karya greeting card-nya dan mencetak hasilnya sebagai bukti fisik. Siswa terlihat berlomba-lomba membuat karya yang menarik dan penuh dengan hiasan animasi. Hal ini menunjukkan tujuan dari pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi siswa tercapai. Siswa seperti diajak belajar, bermain dan berkarya.

Karya siswa yang terbaik akan dipajang di majalah virtual sekolah dan ini memotivasi siswa untuk membuat karyanya sebaik mungkin. Karya siswa yang muncul di majalah virtual sekolah juga akan mendapatkan piagam penghargaan sebagai bukti partisipasi aktif memajukan majalah virtual sekolah. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved