Breaking News:

Berita Banjarnegara

Meniti Jalan Sembuh, Perjuangan ODGJ Mengakses KTP

Sekilas tak ada masalah pada kejiwaan Dito dan Angga, penerima manfaat di RPS.

Penulis: khoirul muzaki | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Khoirul muzaki
Perekaman kependudukan untuk eks ODGJ di Panti Pamardi Raharjo Banjarnegara. 

TRIBUNJATENG, BANJARNEGARA - Sekilas tidak ada masalah pada kejiwaan Dito dan Angga, penerima manfaat di Rumah Perlindungan Sosial (RPS) Pamardi Raharjo Banjarnegara.

Eks Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ)  itu ‘nyambung’ saat diajak komunikasi. Kulit mereka bersih. Potongan rambut rapi. Pakaian yang mereka kenakan pantas.  

“Nama Dito, saya berasal dari Aceh,” kata Dito ketika diwawancarai Tribun, (16/12/2021).

Beda dengan Dito, Angga mengaku berasal dari Jakarta. Mereka pun masih mengingat punya orang tua atau sanak keluarga. Setelah kondisi mereka membaik di panti, keduanya ingin pulang ke pelukan keluarga. 

Kondisi mereka saat ini sudah jauh berbeda dari beberapa bulan lalu, saat mereka masih menggelandang di seputar alun-alun Kota Banjarnegara. Penampilan mereka saat itu sangat lusuh.

Oleh Satpol PP Banjarnegara, mereka  tak lantas dibawa ke panti sosial atau rumah singgah milik pemerintah.  Sebab mereka bukan hanya bermasalah dengan kesejahteraan sosial, namun juga kesehatan mental. 

Karena itu, menurut Kepala Satpol PP Banjarnegara Esti Widodo, mereka harus dibawa ke rumah sakit jiwa dulu untuk disembuhkan. 

Pihaknya tak memermasalahkan mereka yang tak punya dokumen kependudukan. Pihaknya menyadari, jangankan mengantongi identitas  kependudukan, nama sendiri saja mereka tak ingat.

“Kami kerja sama dengan rumah sakit. Biaya pengobatannya dijamin daerah,” katanya.

Esti mengatakan, pananganan ODGJ oleh Satpol kini  lebih manusiawi. Di Banjarnegara, gelandangan ODGJ tidak ditangkapi  lalu “dibuang” ke daerah lain untuk mengatasi persoalan.  Pihaknya bersinergi dengan instansi lain untuk menangani persoalan ODGJ, semisal Dinsos P3A, Dinas Kesehatan Kabupaten, dan rumah sakit yang memiliki klinik jiwa. 

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved