Breaking News:

Berita Batang

Menuju Akreditasi Nasional 2022, Disperpuska Batang dan PT BPI Berikan Bimtek Perpustakaan Mitra

PT BPI bermitra dengan Disperpuska Batang menyelenggarakan serangkaian kegiatan.

Penulis: dina indriani | Editor: sujarwo
Dok. Perpustakaan SMPN 2 Tulis
PT Bhimasena Power Indonesia (PT BPI) bermitra dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpuska) Batang menyelenggarakan serangkaian kegiatan bagi perpustakaan mitra, Selasa (28/12/2021). 

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Dalam rangka persiapan menuju akreditasi perpustakaan nasional tahun 2022, PT Bhimasena Power Indonesia (PT BPI) bermitra dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpuska) Batang menyelenggarakan serangkaian kegiatan bagi perpustakaan mitra PT BPI.

Kegiatan pra-akreditasi merupakan bagian program CSR bidang Pendidikan yang ditujukan bagi 20 Perpustakaan Sekolah dan 15 Perpustakaan Desa yang berada di area terdampak pembangunan PLTU Jawa Tengah yang berlokasi di Kabupaten Batang

Proses pelaksanaan tahapan pertama kegiatan akreditasi Perpustakaan ini telah dimulai sejak bulan November 2021 dengan kegiatan Worskhop mengenai Sosialisasi Akreditasi Perpustakaan yang dihadiri oleh Kepala Sekolah, Kepala Perpustakaan Sekolah, Kepala Desa dan Kepala Perpustakaan Desa.  

Kemudian  pada 16, 27 dan 28 Desember 2021 sejumlah 15 dari 30 Perpustakaan Mitra BPI melanjutkan proses tahapan akreditasi berikutnya,  yaitu kegiatan (Bimbingan Teknis) Pengembangan dan Pengelolaan Perpustakaan dengan materi tematik perpustakaan.

Seperti, ilmu pengantar perpustakaan, Pengadaan dan pengolahan bahan pustaka (system otomasi perpustakaan dan klasifikasi dan katalogisasi bahan pustaka yang mengacu kepada  pedoman aturan atau pedoman yang telah dibakukan) dan teknis pengisian borang akreditasi perpustakaan.

Kepala Disperpuska Batang Rahmat Nurul Fadhilah, mengatakan kerjasama dengan PT BPI untuk mempersiapkan akreditasi perpustakaan nasional 2022 agar para mitra nanti bisa lebih matang.

"Kami bekerjasama dengan PT BPI untuk melaksanakan kegiatan tahapan pra-akreditasi perpustakaan seperti workshop dan Bimtek akreditasi perpustakaan," tuturnya, Selasa (28/12/2021).

Nurul Fadhilah juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada PT BPI atas perhatiannya terhadap perkembangan literasi yang ada di Kabupaten Batang

"Kami bersyukur dengan program CSR ini bisa sangat membantu kemajuan dan perkembangan literasi di Batang," imbunya.

PT BPI mengembangkan dan memberdayakan komunitas Perpustakaan di desa-desa sekitar proyek PLTU Jawa Tengah di Kabupaten Batang sejaktahun 2016. 

Program CSR PT BPI ini merupakan wujud komitmen dalam mengajak masyarakat sekitar perusahaan terutama institusi pendidikan untuk bersama-sama meningkatkan literasi masyarakat di Kabupaten Batang

Sementara itu, Direktur Operasional PT BPI Yoshimitsu Fujii menyampaikan dengan kegiatan praakreditasi ini pihaknya berharap peserta bisa berinivasi dalam mengelola perpustakaannya 

"Kami berharap setelah adanya kegiatan ini, para peserta dapat melakukan inovasi dalam mengelola perpustakaannya dan bersemangat untuk mengikuti Akreditasi Perpustakaan ke Lembaga Akreditasi Perpustakaan (LAP) Perpustakaan Nasional pada tahun 2022 melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Batang," tuturnya.

Ia pun memberikan apresiasi kepada Disperpuska Batang, Pemerintah Kabupaten Batang, seluruh Mitra Perpustakaan serta seluruh pihak yang telah mendukung dan bersinergi dengan PT BPI untuk mengimplementasikan program CSR bidang Pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan literasi di Kabupaten Batang. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved