Breaking News:

147 PNS Eselon III dan IV di Pemkab Kudus Alih Status Jadi Fungsional

Sebanyak 147 pegawai negeri sipil (PNS) di lingkup Pemerintah Kabupaten Kudus yang semula berstatus sebagai pejabat struktural beralih fungsional.

Penulis: Rifqi Gozali | Editor: Daniel Ari Purnomo
Tribun Jateng/ Rifqi Gozali
Pengambilan sumpah janji jabatan fungsional yang dipimpin oleh Bupati Kudus HM Hartopo di lapangan tenis indoor Angga Sasana Krida kompleks Pendopo Kabupaten Kudus, Jumat (31/12/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Sebanyak 147 pegawai negeri sipil (PNS) di lingkup Pemerintah Kabupaten Kudus yang semula berstatus sebagai pejabat struktural beralih menjadi fungsional.

Dari seluruh PNS yang alih status tersebut terdiri atas eselon III dan IV.


Bupati Kudus, HM Hartopo, mengatakan, peralihan status dari struktural ke fungsional itu sesuai dengan kebijakan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).


Pengesahan alih status tersebut ditandai dengan pengambilan sumpah janji jabatan fungsional yang dipimpin oleh Hartopo di lapangan tenis indoor Angga Sasana Krida kompleks Pendopo Kabupaten Kudus, Jumat (31/12/2021).


"Ini jabatannya fungsional sebagai subkoordinator. Justru malah lebih menguntungkan. Fungsional adalah jabatan yang seksi sebetulnya," kata Hartopo.


Keuntungan ketika alih status mejadi fungsional, kata Hartopo, bisa pensiun sampai usia 60 tahun. Selain itu juga bisa berkarir sampai ke jenjang eselon tiga dan eselon dua.


"Jadi ini tidak ada panggilan Kasi (kepala seksi). Namanya aja yang beda," katanya.


Sementara itu, Plt Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Kudus, Tulus Tri Yatmika mengatakan, jika sebelumnya PNS yang menjabat kepala seksi ada tugas manajerial, maka ketika sudah beralih status ke fungsional tugas tersebut masih sama diampu oleh mereka.


"Kalau disetarakan nanti sesuai Perbup tugas manajerial juga diampu teman-teman yang disetarakan melalui penugasan surat keputusan dari Kepala OPD sebagai subkoordinator untuk eks eselon 4 yang disetarakan dan koordinator untuk eks eselon tiga yang disetarakan," kata Tulus.


Tulus melanjutkan, untuk eselon III yang beralih status menjadi fungsional di Pemerintah Kabupaten Kudus ada di Dinas Perizinan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved