Breaking News:

Pemkab Tegal Raih Penghargaan Menteri Pertanian, Ini Gara-garanya

Pemerintah Kabupaten Tegal mendapatkan apresiasi penghargaan dari Kementerian Pertanian RI.

Tribun Jateng/ Desta Leila Kartika
Bupati Tegal Umi Azizah (kiri), didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tegal Toto Subandriyo (kanan), usai menerima penghargaan dari Menteri Pertanian RI di Hall Room Aston Sentul belum lama ini. 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI – Upaya Pemerintah Kabupaten Tegal mencegah penyusutan lahan pertanian dan krisis pangan, melalui pemetaan dan penetapan lahan pangan berkelanjutan (LP2B) yang difasilitasi lewat pendanaan APBN 2021, mendapatkan apresiasi penghargaan dari Kementerian Pertanian RI. 


Penyerahan penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Pertanian Republik Indonesia Syahrul Yasin Limpo, kepada Bupati Tegal Umi Azizah, di Hall Room Aston Sentul belum lama ini. 


Syahrul dalam sambutannya mengatakan, perlindungan terhadap lahan pertanian dan perkebunan sangat penting untuk mencegah krisis pangan. 


Menurutnya, alih fungsi lahan pertanian ke lahan bangunan menjadi faktor utama yang memicu penyusutan lahan pertanian di berbagai daerah.


Untuk itu, dirinya mendorong agar pemerintah daerah menyusun peraturan daerah terkait lahan pertanian pangan berkelanjutan. 


Peraturan ini penting untuk mempertahankan lahan pangan agar tidak beralih fungsi menjadi bangunan.


“Kita tidak mau lagi ada lahan pertanian yang beralih fungsi. Sebab alih fungsi lahan ini mengurangi produksi pertanian karena luasan lahannya yang mengecil. Oleh karena itu, kita memberikan apresiasi untuk daerah yang mempunyai komitmen menjaga lahan pertaniannya,” tutur Syahrul, dalam rilis yang diterima Tribunjateng.com, Jumat (31/12/2021). 


Pemerintah daerah menurutnya menjadi ujung tombak pengendalian alih lahan tersebut dengan menerbitkan peraturan daerah tentang LP2B.


Lebih lanjut, Syahrul mengungkapkan kinerja sektor pertanian terus meningkat. 


Tahun 2021 ini, ekspor bidang pertanian mencatatkan pertumbuhan signifikan meski dihadapkan pada situasi pandemi Covid-19. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved