Breaking News:

Unsoed Purwokerto

Riset Metabolomik Antar Hendri Wasito Raih Gelar Doktor dari Universitat fur Bodenkultur Austria

Salah satu dosen Jurusan Farmasi Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Jenderal Soedirman baru saja memperoleh gelar Doktor.

Editor: abduh imanulhaq
UNSOED
Dr.nat.techn. apt. Hendri Wasito, M.Sc di Laboratorium Instrumentasi Metabolomik Austria 

TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO - Salah satu dosen Jurusan Farmasi Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Jenderal Soedirman (FIKes UNSOED) Purwokerto baru saja memperoleh gelar Doktor dari Universitat fur Bodenkultur Wien, Austria.

Ia adalah Dr.nat.techn. apt. Hendri Wasito, M.Sc.

Pria berusia 37 tahun yang memiliki bidang kepakaran Kimia Analisis ini menyelesaikanpendidikan doktoral di Vienna, Austria tepat selama tiga tahun.

Ini merupakan pencapaian yang cukup memuaskan baik dari sisi akademik maupun lama waktu studi yang dijalaninya.

Hendri mengembangkan metode analisis metabolomik dengan sampel berupa yeast atau ragi (P. pastoris) untuk riset doktoralnya.

Metabolomik merupakan teknologi yang berkembang cukup pesat untuk menganalisis senyawa molekul berukuran kecil yang lebih dikenal dengan metabolit secara komprehensif dengan melibatkan beberapa instrument analisis yang cukup canggih.

Disertasi Hendri yang berjudul “Targeted and Non-targeted Metabolomics with Separation Sciences and Accurate Mass Spectrometry in Biotechnology” berhasil diuji dan dipertahankan dihadapan para Profesor beberapa universitas di Austria pada pertengahan November 2021.

Selanjutnya Hendri berhak memperoleh gelar Doctor rerum naturalium technicarum (Dr.nat.techn.).

Ujian disertasi doktor di Intitute of Analytical Chemistry, Universitat fur Bodenkultur Wien ini diselenggarakan secara online dengan media videoconference mengingat situasi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung di berbagai belahan dunia termasuk Austria dan Indonesia.

Tujuan dari penelitian yang dilakukan Hendri yaitu mengembangkan teknik analisis metabolomik dengan pendekatan tertarget dan non-target berbasis spektrometri massa yang dikombinasikan dengan metode pemisahan kromatografi untuk diterapkan dalam analisis sampel berupa yeast.

Dalam penelitiannya, Hendri berhasil mengkarakterisasi secara komprehensif reference material dari yeast untuk meningkatkan harmonisasi dan standarisasi dalam penelitian metabolomik berbasis spektometri massa.

Temuan itu adalah kontribusi penting untuk metabolomik tertarget menggunakan ekstrak sel yang relevan dengan teknologi fermentasi dalam rangka pengendalian mutu pada sampel bioteknologi.

Selain itu Hendri juga berhasil mengembangkan alur kerja yang komprehensif dengan melibatkan fragmentasi dalam sumber ionisasi dalam instrumen sepktrometri massa beresolusi tinggi untuk analisis metabolomik non-target.

meningkatkan kepercayaan dalam konfirmasi identitas metabolit dalam sel mikroorganisme yeast dalam studi metabolisme.

Hendri berharap setelah meraih gelar doktornya dan kembali berkiprah di tanah air, khususnya di Unsoed dia dapat mengembangkan penelitian terkait riset metabolomik berkolaborasi dengan bidang ilmu lain. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved