Breaking News:

Berita Purbalingga

Selamat, Sanggar Kartika Laras Tlahab Kidul Juara I Festival Dresanala Purbalingga

Sanggar Kartika Laras Desa Tlahab Kidul berhasil menjuarai festival seni yang diadakan Sanggar Dresanala Purbalingga. 

Penulis: Permata Putra Sejati | Editor: moh anhar
Humas Pemkab Purbalingga
Pementasan kelompok seni peran di Purbalingga diadakan dengan tajuk 'Tutur Lisan', Kamis (30/12/2021) malam di Gor Mahesa Jenar, Purbalingga. 

TRIBUNJATENG.COM, PURBALINGGA - Sanggar Kartika Laras Desa Tlahab Kidul berhasil menjuarai festival seni yang diadakan Sanggar Dresanala Purbalingga. 

Pementasan melibatkan beberapa kelompok seni peran di Purbalingga tersebut diadakan dengan tajuk 'Tutur Lisan', Kamis (30/12/2021) malam di Gor Mahesa Jenar Purbalingga.

Sanggar Kartika Laras besutan Ragil Tri Atmojo mementaskan lakon 'Mimiti' dengan memainkan perpaduan dua kesenian yaitu musik tradisional (karawitan) dengan seni peran tradisional. 

Ragil mengaku persiapan mementaskan tergolong singkat yaitu hanya dua hari karena pemberitahuan mengikuti pementasan sangat mendadak.

Baca juga: 400 Personel Gabungan Antisipasi Perayaan Malam Tahun Baru di Kabupaten Semarang

Baca juga: Pratama Arhan Tampil Cemerlang di Timnas, Penemu Bakatnya Bangga Prestasi Anak Didik

"Persiapan hanya dua hari dan kami langsung mengumpulkan pemain peran dan penabuh gamelan," katanya.

Dalam pementasan tersebut ada 4 orang pemeran diantaranya Akbar Tri Haryadi berperan sebagai Sabit, Tegar Pamungkas sebagai sabut, Punang Ropika Ikhtiarwan sebagai Sabulata dan Sarno sebagai Kaki Kabul.

Sedang pengiring terdiri dari Ragil Tri Atmojo pada pengendang, Teguh Tri Harmoko pada saron, Dimin pada bonang dan Nurkholik pada gong.

Punang Ropika yang juga tokoh pemuda Tlahab Kidul menuturkan, semangat melestarikan budaya sudah ada dan terbangun cukup matang. 

Menurutnya, nguri-uri budaya sudah menjadi tanggung jawab bersama agar budaya tetap dikenal generasi penerus dan tidak punah.

"Nguri-uri budaya adalah tanggung bersama agar identitas kita tidak hilang dan budaya tetap dikenal generasi penerus," imbuhnya dalam rilis. 

Ketua Dresanala, Sutono dalam sambutannya menegaskan mempunyai tanggung jawab moril terus menularkan ilmu kebudayaan kepada kelompok seni lain. 

Baca juga: Jumlah Wisatawan di Karimunjawa pada Tahun Baru Turun

Baca juga: Kapolda Jateng Minta Anggota Mengawasi Perguruan Silat saat Pergantian Tahun Baru, Ini Alasannya

Amanah dari bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menyebutkan harus semakin banyak kelompok seni yang diberdayakan.

"Kami mendapat amanat dari Dinas terkait untuk menularkan kepada komunitas seni yang lain juga," imbuhnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved