Breaking News:

Berita Video

Video Bakhtiar Tingkatkan Kualitas Usaha Melalui KUR BRI, Omzet Naik 300 Persen

Di-PHK dan hanya punya uang Rp 5 juta, ditambah pandemi, Bakhtiar nyaris putus asa.

Penulis: amanda rizqyana | Editor: abduh imanulhaq

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -  Berikut ini video Bakhtiar tingkatkan kualitas usaha melalui KUR BRI, omzet naik 300 persen.

Diputus kerja dan hanya memiliki uang Rp 5 juta, ditambah situasi pandemi, sempat membuat Bakhtiar Amrullah nyaris putus asa.

Lelaki asal Yogyakarta ini sempat bingung akan besaran uang yang ada di genggamannya. Pasalnya angka tersebut bukanlah nominal yang cukup untuk membuka usaha, namun bila digunakan untuk kebutuhan sehari-hari sembari mendapat kerja, pasti habis.

Ia sempat dibuat dilema, hingga akhirnya Bakhtiar memutuskan mulai kehidupan baru dan mendirikan warung makan sambel matah bernama Matahin.id di Kawasan Wirausaha Unnes, Sekaran, Gunungpati, Kota Semarang.

Dari tabungan yang ia punya, ia bagi untuk sewa kos, uang belanja, dan membeli peralatan seperti kompor, wajan, panci.

“Waktu itu dapat hibah gerobak bekas dan berjualan seperti layaknya PKL (Pedagang Kaki Lima, red) yang sederhana saja,” ujar Bakhtiar pada Tribun Jateng, Rabu (22/12/2021).

Lapak sederhana yang ia maksud ialah memiliki lapak di bekas halte bus sebagai area dapur dan konsumen duduk di bawah pohon dan tanpa atap.

Selain itu, ia juga menggunakan piring rogo-rege dan kertas minyak agar tak kerepotan mencari air untuk mencuci piring. Ia harus membongkar-pasang perlengkapan yang dimiliki.

Belum lagi bila terjadi hujan, selain tampias dan tak dilirik pembeli, area makan pasti banjir.

“Sebenarnya hal itu masih kuat saya hadapi. Yang membuat saya sedih dan sempat down ketika ada tragedi laron gundul (laron yang sayapnya lepas, red) jatuh saat konsumen sedang makan. Konsumen langsung membayar dan lari, katanya makanan saya belatungan,” ujarnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved