Angkasa Pura 1 Bareng BRI Bikin Bazar Angkasa Pura Brilian

PT Angkasa Pura I Bandara Jenderal Ahmad Yani serius memberdayakan UMKM Kota Semarang. 

Tribun Jateng/ Rahdyan Trijoko Pamungkas
PT Angkasa Pura I gelar bazar UMKM yang diselenggarakan di ruang exhibition hall bandara Jenderal Ahmad Yani.  

TRIBUNJATENG.COM,SEMARANG - PT Angkasa Pura I Bandara Jenderal Ahmad Yani serius memberdayakan UMKM Kota Semarang. 

Keseriusan tersebut ditunjukkan dengan menggelar Bazar Angkasa Pura Brilian di exhibition hall bandara.

Kegiatan itu PT Angkasa Pura I menggandeng Bank Rakyat Indonesia (BRI) regional office Semarang menghadirkan sejumlah pelaku UMKM. 

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, Hardi Ariyanto menerangkan saat ini progres yang sedang dilakukannya adalah menampung UMKM binaan BI maupun Bank BRI. 


Kegiatan tersebut menunjukkan wujud implementasi BUMN kepada pemerintah dalam hal memberdayakan UMKM.


"Kegiatan ini kami sedang menunjukkan implementasi yang diinginkan pemerintah yakni BUMN dalam hal ini menampung, melakukan, dan kerja," jelasnya, Minggu (2/1/2022).


Menurutnya , kegiatan bazar tersebut merupakan bentuk kolaborasi untuk meningkatkan UMKM. Pada kegiatan tersebut pihaknya  memfasilitasi pengguna jasa bandara yang akan mencari produk-produk UMKM.


"Kedepannya siapa saja pengguna bandara dapat dimudahkan untuk mencari oleh-oleh," ujarnya.


Dikatakannya, ada 35 persen dari lahan  komersial bandara yang telah disiapkan untuk stand UMKM. Saat ini lahan yang dijadikan UMKM  telah terisi  30 persen.


"Ini menunjukan bahwa kami memberikan peluang untuk para pelaku UMKM," tuturnya.


Ia menuturkan kegiatan ekspor impor di Bandara Ahmad Yani untuk UMKM telah berjalan. Kedepannya PT Angkasa Pura I memberikan fasilitas kemudahan para UMKM untuk melakukan ekspor. 


"Seperti yang dicanangkan pemerintahan kami akan beri fasilitas kemudahan para pelaku UMKM, perikanan maupun pertanian untuk melakukan ekspor," tandasnya.


Sementara itu,  Regional CEO BRI Semarang, Wahyu Sulistiyono menargetkan pelaku UMKM harus Go digital baik dalam transaksi maupun pemasaran. Hal tersebut diawali dengan transaksi melalui digital.


"Adanya bazar ini untuk mencontohkan kepada marketplace atau UMKM agar mau bertransaksi menggunakan digital seperti dirilis perbankan dan Bank Indonesia yakni QRIS," jelasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved