Breaking News:

Bupati Kudus Sepakat PNS Jadi Tentara Cadangan

Pemerintah Kabupaten Kudus siap jika harus mengirimkan aparatur sipil negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk mengikuti pelatihan militer.

Penulis: Rifqi Gozali | Editor: Daniel Ari Purnomo
istimewa
Sejumlah ASN di lingkup pemerintah Kabupaten Kudus saat disumpah menjadi pejabat fungsional. 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Pemerintah Kabupaten Kudus siap jika harus mengirimkan aparatur sipil negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk mengikuti program pelatihan militer sebagai komponen cadangan atau Komcad. Komponen tersebut merupakan tentara cadangan dalam mempertahankan negara.


"Sampai saat ini belum ada surat untuk itu, tapi yang pasti kami siap ikuti aturan dari pemerintah pusat," ujar Bupati Kudus HM Hartopo.


Hartopo mengatakan, pihaknya sampai saat ini juga belum mengetahui persis bagaimana program tersebut dijalankan. Sebab, secara detail pihaknya belum menerima tembusan secara resmi.


"Mungkin lebih detail sama BKPP," kata dia.


Sementara, Plt Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Kudus, Tulus Tri Yatmika mengatakan, pihaknya belum bisa memberikan lebih perihal program komponen cadangan.


"Belum ada tindak lanjit ke kami," kata dia.


Namun, kata dia, perihal Surat Edaran dari Kemenpan-RB Nomor 27 Tahun 2021 tentang Peran Serta Pegawai ASN sebagai Komponen Cadangan dalam Mendukung Upaya Pertahanan Negara sudah diketahui pihaknya.


"Yang kami tahu baru surat edaran itu. Belum ada detail perihal program tersebut," kata dia.


Meski begitu, ketika nanti dari Pemkab Kudus harus mengirimkan ASN untuk mengikuti latihan komponen cadangan, katanya, pihaknya siap untuk itu.

(*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved