Breaking News:

Berita Banyumas

Hendak Melintas, Seorang Pria Tertabrak Kereta Api Bangunkarta di Banyumas

Hendak melintas di perlintasan kereta api, seorang pria di Banyumas tewas tertemper KA Bangunkarta relasi Jogja-Pasar Senen, Minggu (2/1/2022) sekira

Penulis: Permata Putra Sejati | Editor: m nur huda
TRIBUNBANYUMAS/Ist. Humas Daop V Purwokerto. 
Petugas kepolisian bersama kru KAI dan warga saat akan mengevakuasi seorang pria di Banyumas tewas tertemper KA Bangunkarta, Minggu (2/1/2022) sekira pukul 11.30 WIB. 

TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO - Hendak melintas di perlintasan kereta api, seorang pria di Banyumas tewas tertemper KA Bangunkarta relasi Jogja-Pasar Senen, Minggu (2/1/2022) sekira pukul 11.30 WIB. 

Kejadiannya sendiri terjadi di km 415 +5/6 di petak Stasiun Sumpiuh - Tambak. 

Korban adalah Edi Saputro (30) warga RT 7 RW 2, Desa Klinting, Kecamatan Somagede, Kabupaten Banyumas.

Berdasarkan informasi dari masinis, korban saat itu akan menyeberang di jalur kereta api. 

"Masinis sudah membunyikan semboyan 35 akan tetapi korban tidak mengindahkan akhirnya menemper kereta api," ujar Manager Humas Daop V Purwokerto, Ayep Hanapi dalam keterangannya kepada Tribunbanyumas.com.

Korban meninggal dunia dan dibawa ke Puskesmas Sumpiuh, Banyumas

"Kru sudah merapat ke TKP, banyak juga kerumunan warga korban selanjutnya dibawa ke Puskesmas Sumpiuh dan ditangani oleh Polsek Sumpiuh," imbuhnya. 

PT KAI Daop 5 Purwokerto mengajak seluruh pengguna jalan bersama-sama menaati rambu-rambu yang ada serta lebih waspada saat akan melintasi perlintasan sebidang kereta api. 

Sesuai UU Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian Pasal 124 menyatakan pada perpotongan sebidang antara jalur kereta api dan jalan, pemakai jalan wajib mendahulukan perjalanan kereta api.

Adapun, dalam UU 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 114 menyebutkan pada pelintasan sebidang antara jalur kereta api dan jalan, pengemudi kendaraan wajib berhenti ketika sinyal sudah berbunyi, palang pintu kereta api sudah mulai di tutup, dan/atau ada isyarat lain serta mendahulukan kereta api

Sementara sesuai PM 36 Tahun 2011 tentang Perpotongan Dan/Atau Persinggungan Antara Jalur Kereta Api dengan Bangunan Lain pada Pasal 6 ayat 1 menyebutkan bahwa pada perlintasan sebidang, kereta api mendapat prioritas berlalu lintas.

Total perlintasan sebidang di wilayah Daop 5 Purwokerto sebanyak 195, yang terbagi menjadi perlintasan sebidang terjaga 109, tidak terjaga 86. (Tribunbanyumas/jti) 

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved