Breaking News:

OPINI

OPINI Rita Andini : Implikasi 'Halal' Pemasaran Islami melalui Media Sosial

PEMASARAN merupakan kegiatan mempercepat perputaran produk ataupun layanan yang dijual dari si penghasil produk atau penyalur terbesar

ISTIMEWA
Logo Halal Majelis Ulama Indonesia (MUI) 

Rita Andini SE, MM
Kandidat Doktor Ekonomi Unissula
Dosen Ekonomi Universitas Pandanaran Semarang


PEMASARAN merupakan kegiatan mempercepat perputaran produk ataupun layanan yang dijual dari si penghasil produk atau penyalur terbesar hingga ke pemakai.

American Marketing Association mendeskripsikan bahwa pemasaran merupakan kegiatan, rantai sirkulasi, dan sistem untuk menghasilkan, mengungkapkan, menyatakan, dan alterasi negosiasi menyandang esensi pada pemakai, partner, relasi, dan publik secara general (AMA, 2013).

Definisi ini menjadikan pemasaran lebih dari sekadar fungsi manajemen. Hal Ini lebih menekankan pada suatu penciptaan nilai di kedua sisi pertukaran, adanya kompleksitas lingkungan di mana kegiatan pemasaran terjadi, keragaman dalam proses pemasaran, dan tanggung jawab sosialnya kepada berbagai pemangku kepentingan.

Sebagai perbandingan, pemasaran Islam adalah disiplin yang digambarkan secara luas sebagai upaya untuk mengintegrasikan teori pemasaran ortodoks dengan ajaran dan etika Islam.

Salah satu pendekatan (Allah Pitchay, 2012; Hashim & Hamzah, 2014) berupaya mengontekstualisasikan proses 'melakukan' pemasaran Islami dalam prinsip-prinsip pemasaran yang ada dengan pandangan untuk membedakan praktek pemasaran Islam dari pengembangan srategi pemasaran konvensional. Dan ada pendekatan

Borzooei & Asgari, 2013; Roumieh & Garg, 2014) berusaha untuk mengatasi peran media sosial dalam pengembangan strategi pemasaran Islam.

Beberapa penulis menawarkan prinsip-prinsip keadilan, transparansi dan akuntabilitas dalam pemasaran yang berlandaskan Alquran dan Hadis.

Identitas pemasaran Islam, Pertumbuhan tajam yang relatif baru dalam minat akademis internasional dalam disiplin pemasaran Islam (Temporal, op. cit., Hussnain, 2011; Adnan, 2013).

Minat manajerial dan akademik di bidang ini terdorong oleh pengaruh signifikan yang diberikan Islam pada perilaku konsumsi muslim. (Borzooei & Asgari, 2013).

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved