Breaking News:

Serpung Vaksin Covid-19 di Kecamatan Talang Targetkan 10.656 Sasaran

Program serpung maksimal vaksinasi Covid-19 mempercepat capaian 70 persen dosis satu.

Tribun Jateng/ Desta Leila Kartika
Warga Desa Wangandawa, Kecamatan Talang, Kabupaten Tegal, sedang mendapat giliran vaksin Covid-19, Selasa (4/1/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Program serpung maksimal vaksinasi Covid-19, dalam rangka mempercepat capaian 70 persen dosis satu di wilayah Kabupaten Tegal sudah dimulai sejak 3 sampai 15 Januari 2022 mendatang.


Jadwal pelaksanaan sudah dibuat dan Selasa (4/1/2022) ini giliran di wilayah Kecamatan Talang dengan menargetkan 10.656 sasaran.


Ditemui saat sedang meninjau vaksinasi di Desa Wangandawa, Camat Talang Sumiyati menjelaskan, untuk bisa mencapai target yang ditentukan pihaknya menyiapkan 90 titik, rincainnya di Puskesmas Talang ada 42 titik dan Puskesmas Kaladawa ada 48 titik.


Selain dibantu dari area Talang, menurut Sumiyati pihaknya juga turut dibantu dari Puskesmas atau Rumah Sakit daerah lain lewat Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal.


"Harapannya target sasaran 10.656 ini bisa tuntas pada hari ini juga. Sistemnya vaksinasi kami mulai pukul 09.00 - 12.00 WIB stay di posyandu atau tempat yang dijadikan lokasi vaksinasi. Nah setelah istirahat dilanjut door to door ke rumah warga, bahkan ada juga yang sampai malam hari," jelas Sumiyati, pada Tribunjateng.com, Selasa (4/1/2022).


Menurut Sumiyati, jumlah 10.656 yang belum tervaksin ini merupakan warga yang memiliki penyakit penyerta (komorbit), ada juga yang keterbatasan fisik, sulit akses menuju tempat vaksinasi, dan belum lagi warga yang memang tidak mau divaksin dengan beragam alasan.


Ada yang termakan kabar hoax semisal habis divaksin nanti sakit bahkan meninggal dunia, dan menganggap jika sudah tidak ada pandemi Covid-19 sehingga menganggap tidak perlu divaksin.


Inilah tantangan yang dihadapi oleh Sumiyati, tim tenaga kesehatan (Nakes), dan tim lintas sektoral yang membantu percepatan vaksinasi Covid-19.


Dengan adanya door to door, diharapkan respon masyarakat lebih baik dan capaian vaksinasi bisa terpenuhi.


"Kami dibantu dari TNI, Polri, tim Nakes, dan pihak Desa. Tadi Bupati Tegal Umi Azizah, juga sempat memantau vaksinasi di Desa Dukuhmalang, Pacul, dan Wangandawa, bahkan sempat door to door ke rumah warga juga," katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved