Breaking News:

Berita Semarang

Inilah Sosok Nur Widya Anak Petani Asal Kayen Pati Raih Beasiswa di Kampus Ternama di Amerika

Nur Widya Rini, mahasiswa program Studi Pendidikan Fisika Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) berhasil meraih beasiswa di universitas di Amerika

Penulis: mamdukh adi priyanto | Editor: galih permadi
TRIBUNJATENG/MAMDUKH ADI PRIYANTO
Rektor UPGRIS, Muhdi (kiri) berbincang dengan mahasiswa yang meraih beasiswa di AS 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG- Nur Widya Rini, mahasiswa program Studi Pendidikan Fisika Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) berhasil meraih beasiswa di universitas ternama di Amerika Serikat yakni University of Wisconsin-Eau Claire.

Widya yang merupakan seorang anak petani di Kayen Pati ini akan mengikuti kuliah nongelar selama 1 semester di negeri Paman Sam.

Rencananya, Widya akan terbang ke Amerika Serikat pada 26 Januari 2021. Sebelum berangkat, Nur Widya berpamitan dengan Rektor UPGRIS, Dr Muhdi dan sejumlah pejabat UPGRIS, Jumat (7/1/2022).

Dalam pertemuan tersebut, Widya menceritakan bagaimana perjuangannya untuk dapat menembus beasiswa Global UGRAD.

Dalam program beasiswa tersebut, tahun ini di seluruh Indonesia hanya diambil 12 orang mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi.

''Proses seleksi ada beberapa tahap, hingga akhirnya bisa lolos. Ini juga berkat dukungan dari kampus yang men-support penuh,'' kata Widya.

Ia mengatakan, untuk meraih beasiswa bergengsi ini, dirinya mencari informasi sendiri melalui berbagai media.

Beasiswa ini juga bagian dari program pertukaran pelajar yang disponsori Biro Urusan Pendidikan dan Kebudayaan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat.

Widya mengatakan, satu persyaratan untuk bisa lolos beasiswa tersebut adalah kemampuan Bahasa Inggris.

"Salah satu yang akan sangat diperlukan saat belajar di sana nanti adalah kemampuan berkomunikasi dan leadership,'' ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved