Breaking News:

Universitas Semarang

BPM Universitas Semarang Gelar Pelatihan Auditor

Dengan adanya kegiatan ini akan memberikan pencerahan kepada semua anggota tim untuk lebih mantap dalam menjalankan tugas.

Editor: abduh imanulhaq
UNIVERSITAS SEMARANG
Wakil Rekor I USM Prof. Dr. Ir. Sri Budi Wahyuningsih, M.P (Masker Merah) saat acara pelatihan auditor 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Setelah dilantik sebagai tim Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas Semarang (USM) beberapa waktu lalu, berbagai kegiatan telah dilakukan lembaga ini.

Di antaranya melakukan pendampingan pada Program Studi yang akan reakreditasi, melakukan pembenahan Prosedur Sistem Mutu (PSM), juga mengadakan Pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Internal dan Auditor Mutu Internal selama dua hari pada 6-7 Januari 2022.

Pelatihan dibuka oleh Wakil Rekor I USM Prof. Dr. Ir. Sri Budi Wahyuningsih, M.P. diikuti 7 anggota BPM USM.

Dalam sambutannya Prof Budi menyampaikan jajaran pengelola BPM USM memang masih baru, namun adanya kegiatan ini akan memberikan pencerahan kepada semua anggota tim untuk lebih mantap menjalankan tugas meningkatkan penjaminan mutu.

“Kegiatan ini juga menambah jumlah auditor di USM. Pelatihan yang diikuti semua anggota BPM ini mendatangkan praktisi Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi yang sangat berkompeten yaitu Dr. Sri Yulianto Joko Prasetyo, SSi, M.kom dari UKSW Salatiga,” ungkap Prof Budi.

Dr. Sri Yulianto menyampaikan materi mencakup Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT), Audit Mutu Internal (AMI), PPEPP, dan Laporan Evaluasi Diri.a

Pda hari terakhir dilakukan praktek menjadi seorang auditor.

Ia menyampaikan penjaminan mutu di perguruan tinggi memiliki peranan penting untuk melakukan audit internal akademik dan non akademik.

Kemudian memberikan evaluasi serta langkah tindak lanjut demi terwujudnya Perguruan Tinggi yang memiliki standar sesuai SNPT.

Standar itu tertuang dalam Permendikbud No. 03 Tahun 2020, mulai dari penetapan, pelaksanaan, evaluasi pelaksanaan, pengendalian dan peningkatan standar Dikti. Sl

Selain itu standar nasional pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat juga harus diperhatikan.

Ketua BPM USM Dr. Ardiani Ika S, SE,MM. Ak,CA,PA menyampaikan harapannya agar semua standar tersebut akan tercapai atau bahkan melampaui target.

Jadi ke depan semua Prodi yang ada di USM makin meningkat akreditasinya.

“Untuk tahap selanjutnya BPM USM juga akan melakukan pelatihan yang sama bagi tim Gugus Kendali Mutu dan para Ketua Program Studi di USM, sehingga akan mencetak auditor mutu internal yang semakin banyak,” ungkapnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved