Breaking News:

Berita Semarang

Ombusman RI Bersuara Tanggapi Kasus Penyapu Jalanan yang Dapat Cacian Hingga Pemecatan Sepihak

Ombusman RI Perwakilan Jateng bersuara menyoal adanya penyapu jalanan Kota Semarang yang mendapat perlakuan tak menyenangkan dengan umpatan.

Penulis: budi susanto | Editor: rival al manaf
Kompas/Nadia Zahra
ILUSTRASI 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Ombusman RI Perwakilan Jateng bersuara menyoal adanya penyapu jalanan Kota Semarang yang mendapat perlakuan tak menyenangkan dengan umpatan kata-kata kotor oleh atasan, serta mengalami pemecatan sepihak.

Sebagai lembaga pengawas pelayanan publik, Ombusman RI Perwakilan Jateng menyebutkan permasalahan itu bisa masuk ke ranah ketenagakerjaan.

“Hal itu bisa masuk ke ranah ketenagakerjaan, dan harusnya Pemerintah Kota Semarang atau OPD terkait memiliki kewenangan untuk untuk mengecek SOP,” papar Kepala Ombusman RI Perwakilan Jateng Siti Farida, kepada Tribunjateng.com, Sabtu (8/1/2022).

Baca juga: Kemensos: Penggalangan Dana Tak Berizin, Rumah Gala Sky Bisa Disita Negara, Marissya Icha Diperiksa

Baca juga: Hotline Semarang: Jadwal Penyebrangan ke Karimunjawa

Baca juga: Hasil Liga Spanyol, Kemenangan Barcelona Lawan Granada Buyar di Menit Akhir, Anak Luis Milla Menawan

Ia menuturkan, berdasarkan kasus tersebut dinas terkait yang menangani kebersihan, dan Dinas Tenaga Kerja bisa menjadi pihak yang dilaporkan.

“Kami sarankan pihak yang dirugikan untuk melapor atau menyampaikan pengaduan ke OPD atau Walikota Semarang, dan ke Ombusman RI,” jelasnya.

Ia mengakui pekerja outsourcing memang memiliki posisi lemah, karena kewenangannya ada di pihak penyedia jasa.

“Meski demikian ada peraturan terkait pemecatan, misalnya petugas merupakan outsourcing ataupun tenaga harian lepas yang bekerja berdasarkan kontrak maupun penugasan, harusnya pemberhentian dan pengangkatan sesuai SOP yang berlaku,” katanya.

Ditambahkan Kepala Ombusman RI Perwakilan Jateng, pihaknya akan mengawal kasus tersebut.

“Akan kami monitor, namun kami harap tetap diupayakan lapor ke Walikota, dan ditembuskan ke Ombudsman RI Perwakilan Jateng,” tambahnya.

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved