Breaking News:

Berita Sragen

23 Petani di Sragen Meninggal Akibat Jebakan Listrik Tikus, Ini Tanggapan Menteri Syahrul

Setidaknya ada 23 petani di Kabupaten Sragen yang meninggal dunia akibat jebakan tikus listrik yang dipasang oleh para petani sendiri di areal persawa

TRIBUNJATENG/MAHFIRA PUTRI MAULANI
Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo ketika berkunjung di Dukuh Bonggo, Desa Bendungan, Kecamatan Kedawung, Sragen, Senin (10/1/2022) 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – Setidaknya ada 23 petani di Kabupaten Sragen yang meninggal dunia akibat jebakan tikus listrik yang dipasang oleh para petani sendiri di areal persawahannya.


Hal tersebut disampaikan Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati ketika kunker Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo di Kedawung, Sragen.

Bupati Yuni sapaan akrabnya itu meminta saran dan masukan kepada Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

"Ada 23 warga Kabupaten Sragen yang meninggal dunia akibat terkena jebakan tikus listrik. Ini menjadi kendala tersendiri, untuk itu kami mohon solusi saran dan masukan," kata Yuni, Senin (10/1/2022).

Yuni mengaku hama tikus ini sangat merugikan petani di Sragen terlebih terhadap hasil panen mereka. Dirinya mengusulkan barangkali terdapat technologi yang lebih efektif untuk mengendalikan hama tikus.

Menurutnya, jika dilakukan tindakan tegas terhadap para petani yang memasang jebakan tikus listrik akan menjadi sebuah permasalahan tersendiri nantinya.

Ditemui usai acara, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengaku pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan Direktur PLN untuk menjadi backup.

"Ibu Bupati akan keluarkan keputusan bagaimana menyikapi itu antara lain tentu saja jangan melakukan pemasangan jerat listrik."

"Kita baru rancang keputusannya sama-sama dan kami juga sepakat satu bulan ini sudah selesai rancangannya," kata Syahrul.

Syahrul mengaku keputusan apapun yang akan dilakukan Pemkab pihaknya akan mendukung, terlebih jebakan tikus listrik ini telah ada rakyat yang meninggal dunia.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved