Breaking News:

Pilpres

Elektabilitas Ganjar Tinggi, Hasto: Penentu Capres PDIP di Tangan Megawati

Dalam sejumlah hasil survei nama Ganjar selalu menjadi salah satu yang teratas.

Editor: sujarwo
Dok. Humas Pemprov Jateng
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dan Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, di acara FGD "Mewujudkan Good Mining Practice", di Gedung B lantai 5 Kantor Pemprov Jateng, Kamis (16/12/2021). 

TRIBUNJATENG.COM -  Dalam sejumlah hasil survei nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo selalu menjadi salah satu yang teratas sebagai calon Presiden atau Capres potensial.

Menanggapi hal ini, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengapresiasi hasil survei sejumlah lembaga lembaga itu yang menyebutkan Ganjar Pranowo sebagai salah satu calon presiden dengan elektabilitas tinggi.

Hasto mengatakan hasil itu menandakan bentuk kepercayaan masyarakat kepada kader PDIP.

Meski begitu, menurut Hasto untuk menjadi seorang presiden diperlukan keteguhan dalam memimpin dan kemampuan teknokratis untuk menjabarkan seluruh aspek-aspek ideologis.

Selain itu, katanya calon presiden juga harus memiliki spirit kepemimpinan Indonesia bagi dunia.

"Diperlukan pemahaman terhadap kebudayaan, sehingga bukan elektoral semata," kata Hasto dalam keterangan tertulisnya, Minggu (9/1/2022).

Hasto memastikan sampai saat ini PDIP belum memutuskan nama calon untuk didukung di Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 mendatang.

Tapi, kata Hasto, PDIP akan terus memperkuat konsolidasi sekaligus mematangkan kaderisasi.

Dari sana katanya Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri akan memutuskan siapa calon yang akan diusung maju dalam Pilpres 2024 mendatang.

"Kami punya banyak kader yang sudah teruji. Kami terus membangun organisasi memperkuat agar mesin politik partai, dari pusat sampai RT, dapat bekerja maksimal. Sehingga Ibu Megawati akan memutuskan siapa calon presiden (Capres) dan wakil presiden," kata Hasto.

Seperti diketahui hasil teranyar lembaga survei Charta Politika Indonesia yang dirilis pada Desember 2022 menunjukkan elektabilitas Ganjar Pranowo menempati posisi teratas dengan 25,8 persen, disusul Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto 22,3 persen, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 17,7 persen.

Charta Politika juga membuat pilihan terhadap simulasi 10 nama berdasarkan pilihan partai politik.

Hasilnya 59,9 persen pemilih PDIP memilih Ganjar. Kader PDIP lainnya, yakni Puan Maharani tertinggal jauh. Hanya 4,0 persen yang memilih Puan Maharani. 

Pada bulan yang sama, Kelompok Kajian dan Diskusi Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) juga mengeluarkan hasil survei.

Dimana menunjukkan Prabowo Subianto menempati elektabilitas tertinggi di bursa Capres 2024. Di bawah Prabowo, ada Ganjar Pranowo dengan 16,4 persen dan Anies Baswedan 12,5 persen. (*)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved