Breaking News:

Stikes Telogorejo Semarang

Herbal Steam Bath Mencegah Post Partum Blues Ibu Pasca Bersalin

Masa nifas (puerperium) merupakan masa kritis bagi ibu dan bayi yang berlangsung selama kurang lebih 40 hari.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Kristina Maharani SSTKeb MTrKeb, Dosen S1 Kebidanan Stikes Telogorejo Semarang 

Oleh: Kristina Maharani SSTKeb MTrKeb, Dosen S1 Kebidanan Stikes Telogorejo Semarang

MASA nifas (puerperium) merupakan masa kritis bagi ibu dan bayi yang berlangsung selama kurang lebih 40 hari. Pada masa nifas sebaiknya ibu dan bayi mendapatkan 4 kali kunjungan masa nifas, dengan tujuan mencegah, mendeteksi dan menangani komplikasi . komplikasi yang terjadi pada ibu salah satunya adalah komplikasi secara psikologis. Kesehatan ibu selama periode postpartum dapat terganggu karena perubahan fisik dan psikologis .

Apa yang dimaksud Post Partum Blues?

Post partum blues merupakan hal yang perlu diperhatikan, karena merupakan gangguan kejiwaan (afeksi) yang terjadi pada wanita setelah persalinan. Post partum blues dapat dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal dipengaruhi oleh adanya fluktuasi hormone estrogen, endorphin dan tiroid sedangkan faktor eksternal dapat dipengaruhi oleh kebudayaan yang dapat membatasi aktivitas ibu dalam merawat bayinya

Apakah yang dimaksud Herbal Steam Bath?

Herbal steam bath merupakan terapi sauna yang dilakukan untuk meningkatkan kesehatan dan kecantikan yang merangsang sirkulasi darah dan bisa membantu mengeluarkan bahan bersifat racun dari sel dan jaringan. Sehingga tubuh menjadi sehat dan jiwa pun tenang dan nyaman. Pada proses herbal steam bath , jenis bahan tumbuhan yang digunakan pada ramuan seperti serai wangi dan daun jeruk perut bahan tersebut mengandung bahan senyawa bioaktif terutama minyak atsiri, alkoid. Minyak atsiri merupakan senyawa bioaktif yang terdapat yang terdapat hampir diseluruh bagian tumbuhan diatas daun, batang, buah, biji dan rimpang yang berfungsi sebagai aromaterapi dengan efek menenangkan dan menyegarkan untuk kesehatan, sehingga dapat bermanfaat untuk memulihkan kesehatan ibu nifas dengan postpartum blues.

Herbal Steam Bath pada Ibu Nifas di Indonesia

Beberapa penelitian menunjukkan Herbal Steam Bath pada Ibu Nifas sudah dilakukan dengan beberapa istilah menurut dengan daerah asal. Menurut Watuseke dalam Zumsteg dan Weekerle mandi uap tradisional dengan menggunakan tanaman herbal atau obat obatan untuk perawatan ibu setelah melahirkan atau ibu pada masa nifas.

Pada proses herbal steam bath bertujuan untuk penyembuhan setelah melahirkan atau masa nifas untu mengembalikan kondisi fisik dan psikis ibu seperti sebelum hamil dan melahirkan. Dalam sebuah penelitian melalui proses Oukup/ sauna ibu dipaksa berkeringat, yang dimana keringat mempunyai manfaat bagi ibu nifas yaitu keringat membuat suhu tubuh tetap dingin, dapat membersihkan racun dari tubuh, dapat mempercantik kulit, memperlancar sirkulasi darah, menurunkan stress.

Dalam herbal steam bath ini menggunakan rempah-rempah yang mengandung minyak atsiri di dalamnya. Minyak atsiri merupakan senyawa bioaktif yang terdapat hampir diseluruh bagian tumbuhan di atas daun, batang ,buah biji dan rimpang yang berfungsi sebagai aromaterapi dengan efek menenangkan dan menyegarkan untuk kesehatan dan kegunaan lain.

Bagaimana Moms…. Apakah Moms tertarik mencoba Herbal Steam Bath setelah bersalin? (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved