Breaking News:

Permintaan Mentan Perluasan Lahan Kacang Tanah di Sragen

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen menambah luasan lahan tanaman kacang dari 3.232 hektare pada 2021 menjadi 4.390 hektare pada 2022.

Tribun Jateng/ Mahfira Putri Maulani
Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo ketika panen kacang tanah di Dukuh Bonggo, Desa Bendungan, Kecamatan Kedawung, Sragen, Senin (10/1/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen menambah luasan lahan tanaman kacang dari 3.232 hektare pada 2021 menjadi 4.390 hektare pada 2022.


Penambahan ini akan meningkatkan pendapatan petani secara makro dari Rp 80 miliar pada 2021 menjadi Rp108,6 miliar pada 2022.

Kacang tanah menempati urutan keempat sebagai komoditas unggulan dengan luas lahan 3.323 hektare dan produksi 14.544 ton pada 2021 setelah padi jagung dan tebu.

Hal tersebut disampaikan Kabid Penyuluhan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distan KP) Sragen, Budiharto, kepada Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo.

Menpan sendiri telah melakukan kunjungan kerja (kunker) ke lahan kacang tanah di Dukuh Bonggo, Desa Bendungan, Kecamatan Kedawung, Sragen, Senin (10/1/2022).

Dari diskusi itu, Mentan meminta brand kacang Garuda untuk seger membuat MOU dengan Pemkab Sragen terkait kerjasama penyaluran hasil panen.

Dirinya bahkan memberi waktu tiga bulan untuk melakukan MOU itu. Ditemui usai kegiatan, Mentan mengatakan pekan ini pihaknya akan mengundang Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati berbincang ke kementerian.

Dia mengatakan hal ini harus segera dipastikan. Untuk kesulitan, dari para petani dia mengaku pihaknya bersama Gubernur akan membantu sebagai peranan negara mencari solusi.

"Jangan lupa, kacang kita kacang yang ada di negara tropis berbeda dengan negara lain. Sehingga ini menjadi ruang-ruang dan peluang yang harus kita cari bersama," katanya.

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati menambahkan terkait tambahan lahan dia mengaku menjadi PR pihaknya sehingga MOU dengan Garuda maupun dua kelinci siap.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved