Breaking News:

Berita Semarang

Unnes Belum Putuskan Angka Pasti Kuota Mahasiswa Baru 2022, Namun Diperkirakan akan Tampung 10 Ribu

Unnes bersiap sambut sekitar 10.000 mahasiswa baru mengisi 70 program SI dan 5 D3.

Penulis: amanda rizqyana | Editor: sujarwo
Istimewa
Kampus Unnes 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Menyambut semester genap tahun ajaran 2021/2022, perguruan tinggi di seluruh Indonesia mulai bersiap membuka penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2022/2023.

Universitas Negeri Semarang (Unnes) juga bersiap menyambut sekitaran 10.000 mahasiswa baru untuk mengisi 70 program studi sarjana (S1) dan 5 program studi diploma 3 (D3).

Disampaikan oleh Burhanuddin, S.S. M.A., Ketua Unit Pelaksana Tugas (UPT) Hubungan Masyarakat (Humas) Unnes, penerimaan Unnes dibagi dalam 3 jalur, yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri.

"Kami belum bisa memastikan angka kuota mahasiswa, namun bisa kami perkirakan daya tampung mahasiswa baru di angka 10.000 orang," ujarnya pada Tribun Jateng, Sabtu (8/1/2021) di Kampus Unnes, Sekaran, Gunungpati, Kota Semarang.

Dari jumlah tersebut, Burhan memperkirakan kuota akan dibagi sebesar 30 % untuk SNMPTN, 40 % untuk SBMPTN, dan 30 % untuk jalur mandiri.

Adapun tiga tertinggi program studi yang paling banyak diminati di Unnes berdasarkan data tahun sebelumnya yakni Manajemen S1 Fakultas Ekonomi, Ilmu Hukum S1 Fakultas Hukum, dan Kesehatan Masyarakat S1 Fakultas Ilmu Keolahragaan. Sementara untuk 3 program studi rendah peminatan ialah Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar S1 Fakultas Ilmu Keolahragaan, Pendidikan Bahasa Prancis S1, dan Pendidikan Seni Rupa S1 Fakultas Bahasa dan Seni.

Burhan menambahkan, perbedaan SNMPTN dan SBMPTN ialah pada SNMPTN memberikan kesempatan pada siswa yang memiliki prestasi bidang akademik dan penyaringan berdasarkan nilai rapor dan prestasi akademik dan nonakademik dan diselenggarakan secara nasional.

"Kami memberikan kesempatan sekolah memilih siswa ke Unnes melalui SNMPTN. Sekolah dengan akreditasi A memiliki kuota 40

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved