Breaking News:

Berita Purbalingga

Desa di Purbalingga Diminta Lebih Fokus Terhadap Potensinya, Bupati Tiwi: Jangan Hanya Ikut-Ikutan

Pemdes diminta lebih fokus terhadap potensi yang ada di desanya masing-masing. Desa yang hanya ikut-ikutan akan terseleksi dengan sendirinya.

Penulis: Permata Putra Sejati | Editor: moh anhar
Humas Pemkab Purbalingga
Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi saat paparan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) tentang capaian kinerja tahun 2021 dan rencana kerja serta inovasi tahun 2022, Selasa (11/1/2022) di ruang rapat Bupati. 

TRIBUNJATENG.COM, PURBALINGGA - Pemerintah Desa (Pemdes) diminta lebih fokus terhadap potensi yang ada di desanya masing-masing. 

Hal tersebut disampaikan, Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi saat menanggapi paparan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) tentang capaian kinerja tahun 2021 dan rencana kerja serta inovasi tahun 2022, Selasa (11/1/2022) di ruang rapat Bupati.

Bupati Tiwi mengatakan, banyak desa yang hanya ikut-ikutan mengembangkan Desa sumber dari Dana Desa (DD). 

Baca juga: Mendapat Wing Penerbang Angkatan Darat, KASAD: Saya Sudah Menjadi Keluarga Wira Amur

Baca juga: Kejar Pencapaian Target, Vaksinasi Anak di Kudus Jalan Terus

Menurutnya, desa yang hanya ikut-ikutan terhadap apa yang dilakukan desa lain tentu akan terseleksi dengan sendirinya sehingga tidak akan maju.

"Misalnya di Desa A maju dengan pengembangan pariwisatanya, lalu ditiru oleh desa lain yang belum tentu itu adalah potensi dari Desa B," katanya sebagaimana dalam rilis kepada Tribunjateng.com.

Bupati menyarankan agar Pemdes yang ada di wilayah Kabupaten Purbalingga dengan serius memetakan potensi yang ada. 

Pemdes diminta fokus mengembangkan potensi yang ada sehingga sumber daya yang dikeluarkan tidak akan sia-sia.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga bisa dengan mudah melakukan intervensi atau membantu mengembangkan potensi yang ada.

"Kami menyarankan agar Desa serius melakukan pemetaan potensi sehingga pemerintahan di atasnya bisa mudah melakukan intervensi," katanya. 

Bupati Tiwi meminta kepada pihak terkait untuk melakukan evaluasi terhadap Bumdes (Badan Usaha Milik Desa) dan Bumdesma (Badan Usaha Milik Desa Bersama). 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved