Breaking News:

UMKM Bukan Plastik Kampanyekan Antiplastik, Peringatan Hari Lingkungan Hidup Indonesia

Tokopedia membagikan kisah UMKM di Kota Semarang yang ramah lingkungan yaitu UMKM Bukan Plastik.

Penulis: m zaenal arifin | Editor: Daniel Ari Purnomo
istimewa
Produk UMKM Bukan Plastik yang terbuat dari saripati ketela sebagai alternatif dari plastik sekali pakai. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Hari Lingkungan Hidup Indonesia jatuh tepat pada 10 Januari kemarin.

Bertepatan dengan itu, Tokopedia membagikan kisah UMKM di Kota Semarang yang ramah lingkungan yaitu UMKM Bukan Plastik.

Bukan Plastik merupakan salah satu contoh UMKM asal Semarang di Tokopedia yang menawarkan alternatif dari plastik sekali pakai.

"Produk Bukan Plastik menggunakan material organik yang ramah lingkungan khususnya untuk kantong belanja dan sedotan," kata pendiri UMKM Bukan Plastik, Aisa Putri Wibowo, dalam rilis, Selasa (1/1/2022).

UMKM tersebut didirikannya berawal dari kegemarannya membaca sejak kecil dan kesadaran akan pentingnya melestarikan bumi.

Sehingga, ia mendirikan usaha Bukan Plastik pada April 2020 guna mengajak masyarakat maupun pegiat usaha lain dalam mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.

"Dalam pembuatan kantong, kami menggunakan material saripati ketela yang dapat mudah terurai di tanah dalam waktu 180 hari. Sedangkan untuk pengganti sedotan kami memakai bambu yang dibuat secara manual," ungkap Aisa.

Menurut Aisa, kehadiran platform digital Tokopedia membantu Bukan Plastik mengajak lebih banyak masyarakat menggunakan produk yang lebih ramah lingkungan.

"Lewat Tokopedia, ribuan lembar kantong belanja Bukan Plastik terjual setiap bulannya dan penjualan kami meningkat hingga 10x lipat bahkan telah menjangkau wilayah Gorontalo," tutup Aisa.

External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya mengungkapkan, Tokopedia #SelaluAdaSelaluBisa mengajak dan mendukung masyarakat Indonesia dalam berperan aktif menjaga lingkungan.

"Salah satunya dengan memberikan panggung bagi para pegiat usaha lokal yang mengusung produk atau inisiatif ramah lingkungan," katanya. (Nal)

 

 

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved