Breaking News:

Berita Nasional

Sepanjang Tahun 2021, BSN Tetapkan Sejumlah 568 Produk SNI

Badan Standardisasi Nasional (BSN) pada tahun 2021 telah menetapkan 568 SNI, termasuk SNI yang terkait dengan penanganan Covid-19.

Penulis: Idayatul Rohmah | Editor: m nur huda
Istimewa
Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh S Achmad 

 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Badan Standardisasi Nasional (BSN) pada tahun 2021 telah menetapkan 568 produk Standar Nasional Indonesia (SNI), termasuk SNI yang terkait dengan penanganan Covid-19.

Dikatakan Kepala BSN, Kukuh S Achmad, SNI yang telah ditetapkan oleh BSN tahun 2021 diantaranya tentang Instalasi Medis; Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan dan Kelestarian Lingkungan Tempat Penyelenggaraan dan Pendukung Kegiatan Pariwisata (CHSE); dan Industri Gim.

"Untuk meningkatkan kinerja pengembangan SNI, BSN juga melakukan restrukturisasi terhadap 118 Komite Teknis Perumus SNI," ujar Kukuh dalam keterangan tertulisnya, Selasa (11/1/2022).

Kukuh menjelaskan, tahun 2021 sendiri menjadi tantangan bagi BSN. Yakni ketika pemerintah RI sedang fokus pada upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dan memulihkan ekonomi nasional yang sempat terkena imbas pandemi.

Namun dikatakan, BSN harus tetap memberikan layanan terbaiknya untuk masyarakat.

Selain pengembangan SNI, sebutnya, untuk mendukung efektifitas penerapan SNI, BSN juga memastikan kompetensi Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK) di Indonesia.


Pada tahun 2021 BSN melalui Komite Akreditasi Nasional (KAN) melakukan penilaian akreditasi terhadap 2.698 LPK.

Jumlah tersebut terdiri dari 1.429 laboratorium penguji; 359 laboratorium kalibrasi; 87 laboratorium medik; 37 penyelenggara uji profisiensi; 567 lembaga sertifikasi; dan 219 lembaga inspeksi. 

Dalam mengoperasikan sistem akreditasi yang berorientasi kepada kompetensi, konsistensi, dan imparsialitas serta pengakuan internasional, sampai tahun 2021, BSN melalui KAN mengoperasikan 33 skema akreditasi dan 14 skema diantaranya telah mendapat pengakuan internasional.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved