Breaking News:

Berita Solo

Bea Cukai Solo Inisiasi Pengolahan Ciu Bekonang Jadi Produk Alkohol yang Lebih Bermanfaat

Kantor Bea Cukai Solo akan menginisiasi pengolahan ciu Bekonang menjadi produk alkohol yang lebih bermanfaat dan tidak disalahgunakan

Penulis: Muhammad Sholekan | Editor: galih permadi
TRIBUNJATENG.COM/MUHAMMAD SHOLEKAN
Kepala Kantor Bea Cukai Solo Budi Santoso saat menjelaskan inisiasi pengolahan ciu Bekonang, Kamis (13/1/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Kantor Bea Cukai Solo akan menginisiasi pengolahan ciu Bekonang menjadi produk alkohol yang lebih bermanfaat dan tidak disalahgunakan sebagai minuman keras (miras).


"Ini kami rencanakan di tahun 2022 ini kami akan menginisiasi agar ciu Bekonang ini tidak seperti itu nantinya," kata Kepala Bea Cukai Solo Budi Santoso, Kamis (13/1/2022).


Budi menjelaskan, pengolahan ciu Bekonang ke produk lain tersebut agar tidak membahayakan terhadap kesehatan masyarakat.


Dia menjelaskan, Ciu Bekonang mengandung metanol yang sangat tinggi, sehingga tidak layak untuk dikonsumsi.


"Nantinya akan ada pengaturan agar produk-produknya legal dan tidak membahayakan untuk dikonsumsi oleh masyarakat karena akan kita alihkan untuk produk lain yang lebih bermanfaat," jelasnya.


Diketahui, pengolahan ciu sudah menjadi budaya turun-temurun sebagian besar masyarakat di Desa Bekonang, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo.


Untuk mengubah pengolahan ciu menjadi produk yang lebih bermanfaat dan memiliki legalitas harus membutuhkan dukungan semua pihak.


"Sehingga mengubahnya perlu dukungan semua pihak. Kami sudah membuat konsepsi bagaimana pengelolaan pasar ini ke depan. Kami sudah presentasikan ke bupati dan wakil bupati Sukoharjo," jelasnya.


"Jadi intinya nanti mereka mendapatkan izin ke depannya.

Kemudian kita arahkan bukan untuk minuman tapi produknya nanti alkohol, dan atau produk-produk dari alkohol misalnya hand sanitizer, antiseptik dan produk lain," tambahnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved