Breaking News:

DKK Karanganyar Usulkan 3.000 Dosis Vaksin Booster Covid-19

Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar mengusulkan sejumlah 3.000 dosis vaksin yang nantinya akan digunakan untuk vaksin booster.

Penulis: Agus Iswadi | Editor: Daniel Ari Purnomo
Tribun Jateng/Agus Iswadi
Kepala DKK Karanganyar, Purwati. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar mengusulkan sejumlah 3.000 dosis vaksin yang nantinya akan digunakan untuk vaksin booster atau vaksin ketiga.

Kepala DKK Karanganyar, Purwati menyampaikan, usulan vaksin tersebut telah diusulkan ke Dinkes Jateng sejak kemarin. Sesuai aturan, vaksin tersebut akan digunakan untuk vaksin booster dengan sasaran lansia dan kelompok rentan.

"Kalau sudah dapat kita akan mulai (vaksin booster) ke lansia dan kelompok rentan. Kita usulkan 3.000 dosis, kita belum tahu dapatnya (jenis dosis vaksin) apa," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Jumat (14/1/2022).

Dia menuturkan, vaksin yang diusulkan ke Dinkes Jateng itu terbilang sedikit lantaran sasaran lansia dan kelompok rentan di Kabupaten Karanganyar cukup banyak.

"Itu memang masih sedikit. Nanti kalau habis minta lagi. Saat ini kita juga masih fokus menyelesaikan vaksin primer agar 100 persen dan menyelesaikan vaksin anak usia 6-11 tahun," ucapnya.

Sesuai aturan, sasaran vaksin booster harus sudah menerima vaksin dua dosis dengan jarak pemberian minimal enam bulan. Pihaknya akan melakukan pendataan sasaran vaksin terlebih dahulu setelah menerima dosis vaksin dari Dinkes Jateng.

Adapun pelaksanaan vaksin booster hanya diperbolehkan dilakukan di fasilitas kesehatan milik pemerintah seperti Puskesmas, Rumah Sakit Umum Daerah dan Vaksin Center.

Berdasarkan data yang dihimpun dari DKK Karanganyar, secara keseluruhan capaian vaksin dosis pertama di Kabupaten Karanganyar telah mencapai 94,48 persen atau 692.906 orang dari total sasaran 733.359 orang per Kamis (13/1/2022). Sedangkan capaian vaksin dosis kedua telah mencapai 79,56 persen.

Kemudian vaksin anak usia 6-11 tahun dosis pertama telah mencapai 69,65 persen atau 56.994 orang dari total sasaran 81.828 orang. (Ais).

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved