Breaking News:

UKSW Salatiga

Hasil PLT, Fiskom UKSW Salatiga Serahkan Buku Profil Gabungan Organisasi Wanita

Rendy H. Abraham mengemukakan bahwa Buku Profil GOW merupakan salah satu hasil karya mahasiswa FISKOM yang dikerjakan selama proses PLT 2021.

Editor: abduh imanulhaq
UKSW SALATIGA
Penyerahan Buku profil GOW hasil karya mahasiswa PLT Fiskom UKSW Salatiga yang diwakili oleh dosen Rendy H. Abraham, S.I.Kom, M.I.Kom 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Salah satu output penyelenggaraan Pembelajaran Lapangan Terpadu (PLT) yang diadakan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi (Fiskom) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga tahun 2021 adalah Buku Profil Gabungan Organisasi Wanita (GOW).

Buku karya mahasiswa di bawah bimbingan Drs. Daru Purnomo, M.Si., ini telah diserahkan langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Salatiga Titik Kirnaningsih didampingi Dosen Fiskom UKSW Rendy H. Abraham, S.I.Kom., M.I.Kom kepada Ketua GOW Salatiga Ratna Dumilah dalam peringatan Hari Ibu di Pendopo Rumah Dinas Walikota Salatiga.

Rendy H. Abraham mengemukakan Buku Profil GOW merupakan salah satu hasil karya mahasiswa FISKOM yang dikerjakan selama proses PLT 2021.

Buku setebal 60 halaman ini mendokumentasi dan merekonstruksi sepak terjang organisasi - organisasi wanita yang ada di Salatiga yang selama ini belum terdokumentasi dengan baik.

“Buku profil ini dikerjakan oleh mahasiswa selama dua bulan PLT di Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB-red) yang wilayah kerjanya ada diseluruh Kota Salatiga,” terangnya.

Drs. Daru Purnomo, M.Si pembimbing kelompok PLT mengemukakan ada sekitar 25 organisasi wanita di Salatiga antara lain Persatuan Istri Tentara (Persit), Persatuan Istri Purnawirawan (Perip), Himpunan Ahli Rias Pengantin Indonesia (Harpi) Melati, Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI), Persatuan Istri Veteran Indonesia (Piveri), dan Perkumpulan Wanita Kristiani Imanuel Jawa Tengah (PWKIm) yang sepak terjangnya ditulis dalam buku ini.

“Buku ini dibuat oleh mahasiswa kelompok delapan yang saya bimbing, berkolaborasi dengan bidang Pemberdayaan Perempuan DP3APPKB dengan pendamping lembaga Ibu Choty dan Ibu Pretty. Dengan adanya buku ini, GOW yang berdiri sekitar tahun 1950an sudah memiliki dokumentasi dalam bentuk buku dan sumbangsih PLT FISKOM tahun 2021 sangat besar bagi terealisasinya buku ini. Semoga buku profil ini memberikan manfaat yang besar,” imbuh Daru Purnomo.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, FISKOM UKSW kembali menyelenggarakan PLT bagi mahasiswanya.

Tahun 2021, mahasiswa ditempatkan pada lembaga mitra yang meliputi 15 lembaga non gereja dan 32 lembaga gereja.

Salah satu lembaga non gereja tempat mahasiswa FISKOM melaksanakan PLT-nya adalah DP3APPKB Kota Salatiga. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved