Breaking News:

OPINI

OPINI Sugie Rusyono : Daftar Pemilih Problem Kultural Demokrasi di Indonesia

MENJELANG Pemilu dan Pemilihan 2024, sejumlah isu mulai menghangat. Salah satu yang sering diperbincangkan dan diperdebatkan berkutat

ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI
Ilustrasi pesta demokrasi 

Oleh Sugie Rusyono, SIP
Anggota Bawaslu Kabupaten Blora


MENJELANG Pemilu dan Pemilihan 2024, sejumlah isu mulai menghangat. Salah satu yang sering diperbincangkan dan diperdebatkan berkutat pada daftar pemilih dan politik uang.

Kedua hal itu seakan menjadi problem kultural bagi demokrasi, terlebih bagi Penyelenggara Pemilu KPU dan Bawaslu.

Daftar pemilih menjadi instrumen penting dalam demokrasi elektoral di Indonesia. Pemilih inilah memiliki daulat untuk menentukan siapa yang akan menjadi pemenang Pemilu dan Pemilihan.

Suara rakyat adalah suara Tuhan (Vox Populi, Vox Dei), ungkapan itu semakin menguatkan kalau rakyat (pemilih) tidak boleh diabaikan begitu saja.

Dalam setiap perhelatan demokrasi, data rakyat yang dapat menggunakan hak pilih harus akurat dan tidak boleh dimanipulasi untuk kepentingan kemenangan parpol atau pasangan tertentu.

Mengapa pemilih begitu penting, sebab teori demokrasi merupakan dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat. Maka rakyat inilah yang memiliki kuasa untuk memilih pemimpin. Pada Pemilu yang mendapatkan suara terbanyak itulah yang dinyatakan pemenang.

Maka daftar pemilih yang valid dan bisa dipertanggungjawabkan, mutlak disajikan. Persoalan daftar pemilih pada Pemilu dan Pemilihan kerap menimbulkan persoalan dan dipermasalahkan oleh Parpol dan Pasangan Calon.

Selama ini yang muncul problemnya selalu berkutat pada data yang kurang akurat daftar pemilih. Persoalan daftar pemilih tidak kunjung usai. Mulai pemilu 1999 sampai pemilu 2019, selalu ada masalah daftar pemilih.

Belajar dari pengalaman pelaksanaan pemilu sebelumnya. Jadi tak heran narasi adanya pemilih siluman, pemilih ganda.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved