Breaking News:

Pemkab Sragen Selesaikan Revitalisasi 2 Puskesmas

Pemkab Sragen revitalisasi dua puskesmas pada 2021, yakni Puskesmas Kedawung 1 dan Puskesmas Karangmalang. Keduanya telah diresmikan Bupati Sragen.

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – Pemkab Sragen revitalisasi dua puskesmas pada 2021, yakni Puskesmas Kedawung 1 dan Puskesmas Karangmalang. Keduanya telah diresmikan Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati.

Puskesmas Kedawung 1 menelan dana Rp 3.850 miliar sementara Puskesmas Karangmalang Rp 4.809 miliar. Keduanya menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) 2021 dengan bangunan prototipe dari Kemenkes.

"Alhamdulillah tahun lalu kita membangun dua puskesmas, Kedawung 1 dan Karangmalang. Semua menggunakan dana DAK dan bangunan prototipe Kemenkes," kata Bupati Yuni usai meresmikan Puskesmas Karangmalang, Jumat (14/1/2022).

Dirinya mengaku bersyukur bahwa semua proyek pada 2021 terselesaikan dan tidak ada yang terlambat. Ia juga berharap kedepannya akan sama seperti ini.

Sementara itu, pada 2022 pihaknya akan merelokasi atau memindah Puskesmas Plupuh 1. Puskesmas yang sekarang dinilai terlalu kecil dan tidak bisa diperluas lagi.

Selain tidak luas, Yuni mengaku tanah Puskesmas Plupuh saat ini merupakan tanah kas. Meskipun dipinggir jalan Bupati mengaku tanah tidak representatif.

"Kita beli tanah lagi di sebelah selatan  kurang lebih 1 kilometer dari Puskesmas Plupuh 1 sekarang. Nantinya bahan bangunan lama kita hibahkan, kalau tanahnya kan sudah punya desa," lanjut Yuni.

Bupati mengaku pada lahan baru ini, pihaknya membebaskan lahan seluas kurang lebih 1.900 meter yang telah dibeli pada 2021. Sementara pembangunan tahun ini.

Berbeda dengan dua puskesmas yang baru diresmikan, bakal Puskesmas Plupuh 1 tidak menggunakan DAK namun anggaran APBD senilai Rp 5 miliar.

"Kalau dua puskesmas di 2021 kan dari DAK, ini (Puskesmas Plupuh) dari APBD senilai Rp 5 miliar. Prototipenya yang seperti di Puskesmas Sidoharjo," pungkasnya. (uti)

 

TONTON JUGA DAN SUBSCRIBE :

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved