Breaking News:

UKSW Salatiga

MBKM, Mahasiswa UKSW Dampingi 13 Sekolah di Kabupaten Kupang

Sebanyak 13 mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) mengikuti kegiatan Merdeka Belajar Kampus Mengajar (MBKM)

Penulis: hermawan Endra | Editor: Catur waskito Edy
Istimewa
Sebanyak 13 mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) mengikuti kegiatan Merdeka Belajar Kampus Mengajar (MBKM) berupa program mengajar di satuan pendidikan yang dilakukan di 13 sekolah di dua kecamatan di Kabupaten Kupang, Nusa Tengara Timur (NTT). 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Sebanyak 13 mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) mengikuti kegiatan Merdeka Belajar Kampus Mengajar (MBKM) berupa program mengajar di satuan pendidikan yang dilakukan di 13 sekolah di dua kecamatan di Kabupaten Kupang, Nusa Tengara Timur (NTT).

Selama kurang lebih 4 bulan ke depan, ke-13 mahasiswa ini melakukan program pendampingan bagi sekolah binaan Yayasan Pendidikan Astra-Michael D Ruslim (YPAMDR) yang ada di Kecamatan Takari dan Kecamatan Amarasi Selatan.

UKSW dalam hal ini Pusat Studi Sains Teknologi dan Matematika (e- SisTeM) Fakultas Sains dan Matematika (FSM) serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) menyerahkan langsung ke-13 mahasiswa tersebut kepada Bupati Kabupaten Kupang dalam acara penyerahan mahasiswa MBKM Batch I yang diselenggarakan di Kantor Bupati Kabupaten Kupang, Selasa (11/01/2022).

Turut hadir dalam acara penyerahan tersebut adalah Bupati Kabupaten Kupang Drs. Korinus Masneno, M.Si, Ketua Pusat Studi Sains Teknologi dan Matematika Prof. Dr. Ferdy Semuel Rondonuwu, M.Sc., Dekan FKIP Dr. Herry Sanoto, S.Si., M.Pd., serta sejumlah dosen UKSW lainnya.

Dalam acara penyerahan tersebut, Bupati Kupang selanjunya menyerahkan 13 mahasiwa ini kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Drs. Imanuel M.E. Buan MM yang juga hadi bersama pada saat itu dan diteruskan ke kepala sekolah.

Prof. Dr. Ferdy Semuel Rondonuwu yang diwawancarai secara online hari ini (14/01/2022) mengemukakakan bahwa pemerintah daerah setempat menyambut baik program ini dan berharap mahasiswa dapat membantu siswa disana dalam hal numerasi dan literasi, selain juga melakukan transfer pengetahuan kepada guru-guru.

Tidak hanya itu, mahasiswa diharapkan juga dapat belajar  problematika pembelajaran yang ada di sekolah.

“Program ini digelar dalam rangka membekali mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan dan keahlian dengan menjadi partner guru dan sekolah guna menumbuhkan kreativitas dan inovasi dalam pembelajaran, sehingga berdampak pada penguatan literasi dan numerasi,” imbuhnya.

Lebih lanjut Dosen FSM ini mengungkap, Kabupaten Kupang menjadi tujuan karena 13 sekolah yang meliputi SDN, SMPN dan juga SMKN di dua kecamatan ini merupakan binaan YPAMDR menuju kecamatan cerdas berprestasi.

“UKSW sendiri melalui Pusat Studi e-SisTeM telah menjadi mitra YPAMDR dalam mewujudkan kecamatan cerdas berprestasi dalam bidang akademik,” tegasnya.  

Disamping itu, dikatakan pula oleh Prof. Ferdy bahwa program pendampingan yang dilakukan ini sejalan dengan kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek)  tentang program MBKM, dimana dalam program ini perguruan tinggi memberikan keleluasaan bagi mahasiswa untuk memperoleh pengalaman belajar di luar kampus yang dapat memperkaya wawasan keilmuan dan mengembangkan kecakapan hidupnya.

Ke-13 mahasiswa yang mengikuti tahap pertama kegiatan ini berasal dari Program Studi Pendidikan Matematika, Program Studi PGSD, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Program Studi Pendidikan Sejarah, serta Program Studi Pendidikan Biologi. Kegiatan ini akan diadakan dalam 3 tahap. Tahap selanjutnya akan diadakan pada Mei dan September mendatang.  (*)

Baca juga: 138 Tahun Lalu Anak Krakatau Lahir, Pertumbuhannya Capai 4 Meter per Tahun

Baca juga: Menko Airlangga Tegaskan Pemerintah Dukung Pertumbuhan Industri Kreatif

Baca juga: Komplotan Pencuri Hewan Ternak Sapi Lintas Provinsi Diringkus, Cari Korbannya di Google Maps

Baca juga: Mayat Tanpa Kepala Memakai Kaos Eiger Ditemukan Mengambang di Pantai Pungkruk Jepara

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved