Berita Jepara

Anggaran Jenjang SMP Capai Rp 28 Miliar, Bupati Jepara Dian Kristiandi Harap Akses Pendidikan Merata

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daeeah (RPJMD) Kabupaten Jepara menempatkan pendidikan sebagai posisi utama dalam arah kebijakan pembangunan.

Penulis: Muhammad Yunan Setiawan | Editor: moh anhar
Humas Pemkab Jepara
Bupati Jepara Dian Kristiandi saat membuka Bimbingan Teknis Penyusunan Rencana Kerja Jangka Menengah  dan Rencana Kerja Tahunan bagi Kepala SMP Se-Kabupaten Jepara,  di aula Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Jepara, Selasa (18/1/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, JEPARA - Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daeeah (RPJMD) Kabupaten Jepara menempatkan pendidikan sebagai posisi utama dalam arah kebijakan pembangunan.

Bupati Jepara Dian Kristiandi menyatakan hal itu membuktikan komitmen Pemerintah Kabupaten Jepara dalam memperhatikan sektor pendidikan.

“Tahun ini, anggaran pendidikan jenjang SMP sebesar Rp 28 miliar lebih  merupakan bentuk komitmen pemerintah daerah yang menempatkan pendidikan sebagai prioritas dalam mewujudkan RPJMD Kabupaten Jepara,” kata dia saat membuka Bimbingan Teknis Penyusunan Rencana Kerja Jangka Menengah  dan Rencana Kerja Tahunan bagi Kepala SMP Se-Kabupaten Jepara,  di aula Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Jepara, Selasa (18/1/2022).

Baca juga: Pecah Tangis Orangtua Terdakwa Kasus Perkelahian dalam Pertandingan Sepak Bola Tarkam di Purbalingga

Baca juga: Waspada Kasus DBD di Kabupaten Tegal, Berikut Upaya yang Bisa Dilakukan untuk Menanggulangi 

Menurut pria yang akrab disapa Andi itu, jumlah anggaran itu diharapkan bisa mendekatkan dan memeratakan aksesibilitas pendidikan, meningkatkan kapasitas pengelola pendidikan, hingga pemberian beasiswa untuk mereka yang tidak mampu dan berprestasi, terus dilakukan. 

Dia meminta  kepala sekolah  terus berkomunikasi mengenai kebutuhan peningkatan pendidikan di sekolah masing-masing kepada pemerintah daerah.

Menurutnya, jika komitmen sebagai pendidik profesional dibarengi upaya untuk terus berinovasi serta punya kreativitas untuk melompat, belasan tahun mendatang akan lahir pemimpin berkualitas dari Jepara. 

“Mereka yang saat ini masih menempuh pendidikan jenjang SMP yang belasan tahun ke depan akan menjadi pemimpin di Jepara. Pendidik harus ada kreativitas, jangan hanya teks book. Kita bisa, kok, out of the box tanpa keluar dari regulasi,” tandas Andi.

Sementara itu, Kepala Disdikpora Agus Tri Harjono melaporkan, dengan anggaran Rp 28 miliar tersebut, tak hanya sarana dan prasarana pendidikan jenjang SMP yang akan terus ditingkatkan, tetapi juga pembinaan untuk mengikuti lomba di berbagai tingkatan. 

Baca juga: BREAKING NEWS: Kecelakaan Dua Truk Trailer di Jalur Lingkar Demak, Satu Hampir Nyebur Sungai

Baca juga: Tak Kuat Nanjak, Mobil Pengangkut Kayu Terjun ke Jurang di Desa Kasmaran Banjarnegara

“Upaya untuk meningkatkan iklim belajar, juga dilakukan dengan pemberian beasiswa prestasi. Juara terbaik di masing-masing rombongan belajar, yang totalnya 1034 rombel, masing-masing siswa mendapatkan 500 ribu,” tandasnya. (*)

 

 

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved