Pemerintah bakal Terbitkan 10 Juta Sertifikat Halal Gratis untuk UMK

Kemenag melalui BPJPH berencana menargetkan 10 juta sertifikasi halal gratis bagi UMK melalui skema self-declare

Editor: Vito
Istimewa
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas 

TRIBUN, JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) akan menerbitkan 10 juta sertifikasi halal gratis bagi usaha mikro dan kecil (UMK) sepanjang 2022.

Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, saat ini Kemenag sedang berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah melalui fasilitas Sekretariat Kabinet.

"Pada 2022, Kemenag melalui BPJPH berencana menargetkan 10 juta sertifikasi halal gratis bagi UMK melalui skema self-declare," kata Yaqut di Ruang Rapat Komisi VIII DPR Senayan, Jakarta, Senin (24/1).

Politikus PKB itu menjelaskan, ada beberapa hal yang perlu dikoordinasikan dengan kementerian, lembaga, dan pemda. Pertama terkait dengan dukungan anggaran dari masing-masing kementerian, lembaga, dan pemda.

Kedua, desain ulang perencanaan sistem perencanaan dan penganggaran dengan mencantumkan klasifikasi rincian output (RPO) sertifikasi produk dan rincian output (RO) sertifikasi halal UMK pada kementerian, lembaga, dan pemda.

Untuk mendukung tercapainya 10 juta sertifikat gratis itu, Yaqut menuturkan, diperlukan ketersediaan pendamping proses produk halal (PPH) yang memadai.

Kemenag menargetkan ada 100 ribu pendamping PPH hingga Maret 2022. Saat ini, Kemenag tengah melakukan pelatihan terhadap 500 orang yang akan menjadi pelatih.

Para pelatih ini nantinya akan melakukan pelatihan terhadap pendamping PPH di masing-masing organisasi masyarakat Islam, lembaga keagamaan Islam berbadan hukum, dan perguruan tinggi.

"Untuk mendukung tercapainya 10 juta sertifikat halal gratis bagi UMK, selain diperlukan sistem dan anggaran, diperlukan juga ketersediaan pendamping PPH yang memadai. Pendamping PPH ini selanjutnya akan melakukan verifikasi dan validasi pernyataan halal pelaku usaha di lapangan," jelasnya. (Tribunnews/Chaerul Umam)

 

Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved