Berita Tegal

Pemkot Gandeng BPJamsostek Cabang Tegal Pastikan Jaminan Bagi Pegawai Non ASN

BPJamsostek Cabang Tegal mengadakan kegiatan sosialisasi mekanisme penetapan peserta dan pembayaran iuran kepesertaan BPJamsostek bersama Pemkot Tegal

Editor: moh anhar
TRIBUN JATENG/DESTA LEILA KARTIKA
Penyerahan secara simbolis Kartu Kepesertaan kepada Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono, oleh Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tegal, Mulyono Adi Nugroho (batik lengan panjang), yang dilanjutkan dengan penyerahan manfaat secara simbolis kepada ahli waris Abdul Rozak dan ahli Waris Lukman Hakim, berlokasi di Grand Dian Hotel Slawi, Selasa (25/1/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, TEGAL - BPJamsostek Cabang Tegal mengadakan kegiatan sosialisasi mekanisme penetapan peserta dan pembayaran iuran kepesertaan BPJamsostek bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal, berlokasi di Grand Dian Hotel Slawi, Kabupaten Tegal, Selasa (25/1/2022). 

Sosialisasi tersebut terkait program pembayaran iuran Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) yang rencananya akan diberlakukan kepada pegawai non ASN di lingkungan Pemkot Tegal.

Disampaikan oleh Kepala BPJamsostek Cabang Tegal, Mulyono Adi Nugroho, bahwa dengan biaya lebih murah, manfaat yang diterima lebih besar daripada sebelumnya termasuk penghematan anggaran.

Baca juga: Memanfaatkan Situasi Harga Minyak Goreng Tak Stabil, Warga Boyolali Ini Tipu-tipu, Keruk Rp 600 Juta

Baca juga: Masjid Agung Karanganyar Akan Diperluas untuk Halaman Parkir, Kampus SLBN Direlokasi

“Jadi dalam program ini ada penghematan anggaran di Kota Tegal, karena iuran di Taspen itu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) sebesar 0,96 persen dari gaji yang dilaporkan. Sementara di tempat kami hanya 0,54 persen jadi separuh lebih sedikit,” kata Mulyono, pada Tribunjateng.com, Selasa (25/1/2022). 

Sementara untuk manfaat yang diperoleh tenaga non ASN, dikatakan Mulyono, lebih besar daripada sebelumnya, dimana untuk pengobatan kecelakaan kerja non limited atau tidak ada batasannya. 

Kemudian kematian karena kecelakaan kerja 48 kali gaji, mendapat Rp 10 juta untuk pemakaman, Rp 500 ribu tiap bulan selama dua tahun, dan mendapat beasiswa untuk anak. 

Sedangkan, program JKM BPJamsostek yakni jaminan kematian akan diberikan kepada ahli waris saat peserta meninggal dunia dan bukan akibat kecelakaan kerja. 

"Selain itu JKM juga bisa diklaim jika peserta meninggal akibat bunuh diri, ada kasus seperti itu juga dan masuk ranah JKM," jelasnya. 

Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada BPJamsostek Cabang Tegal, sebab dengan adanya sosialisasi ini bisa menjadi bekal untuk pegawai-pegawai non ASN menjadi semakin terjamin keamanan kerja dan kesejahteraannya. 

Dikatakan Wali Kota, keberadaan pegawai non ASN ini sangat membantu keberlangsungan tugas  dalam menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan di Kota Tegal. 

Tenaga Non ASN sangat dibutuhkan untuk mengisi kekosongan pegawai yang belum bisa terpenuhi melalui pengadaan ASN yang setiap tahunnya selalu terbatas, dan tidak pernah cukup untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh ASN purna tugas atau meninggal dunia.

“Karena itulah kewajiban kita untuk menjamin keamanan dan kesejahteraan para Non ASN di lingkungan Pemkot

Tegal yang jumlahnya sekitar 3.500 pegawai," ungkap Dedy Yon. 

Baca juga: Masjid Agung Karanganyar Akan Diperluas untuk Halaman Parkir, Kampus SLBN Direlokasi

Baca juga: Menteri Risma Hibur Indah Korban Longsor di Semarang saat Menangis Sesenggukan: Sampun Ibu


Dijelaskan oleh Dedy Yon, pegawai Non ASN tidak menerima jaminan pensiun setelah mereka purna tugas atau meninggal dunia. 

Sehingga, jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian ini sangat dibutuhkan bagi pegawai Non ASN, agar mereka memiliki rasa aman dan nyaman selama melaksanakan tugas. 

"Saya berpesan agar semua dikontrol sehingga merata bisa merasakan manfaat dan dampak positif nya," tegas Dedy Yon. (*) 

 

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved