Berita Regional

2 Pendaki Hilang di Gunung Malabar Kabupaten Bandung

Senin (31/1/2022), dua pendaki dilaporkan hilang di Gunung Malabar, Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung.

tribun/kompasiana
ILUSTRASI PENDAKI 

TRIBUNJATENG.COM, BANDUNG - Senin (31/1/2022), dua pendaki dilaporkan hilang di Gunung Malabar, Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung

Disampaikan Kepala Kantor SAR Bandung Deden Ridwansah, laporan itu diterima dari Pusdalops Badan Penanggulangan Bencna Daerah Kabupaten Bandung.

"Dua orang tersebut dikabarkan hilang sekitar pukul 12.15 WIB saat kembali turun dari puncak gunung," ucap Deden dalam keterangannya, Selasa (1/2/2022).

Baca juga: Pesta Pernikahan Kacau setelah Calon Mertua Minta Tambahan Mahar, Pengantin Pria Kabur

Deden menjelaskan, berdasarkan laporan dari keluarga pada Minggu (30/1/2022) pukul 07.30 WIB, kedua pendaki bernama Ace dan Yoga berangkat ke Gunung Malabar dari Desa Mekarjaya.

"Rencana perjalanan pulang pergi di hari yang sama," ucapnya.

Tiba di puncak, dua orang tersebut bertemu rombongan berjumlah enam orang yang sudah naik sejak Sabtu (29/1/2022).

Keduanya pun memutuskan berkemah bersama rombongan itu. Mereka berencana turun pada keesokan harinya, Senin (31/1/2022).

Pada Senin sekitar pukul 12.16 WIB, rombongan itu turun lebih dulu dan menunggu di Legok pada kordinat 7° 7'39.52"S 107°38'11.70"E. Namun, rombongan tak bertemu dua orang tersebut.

"Kemudian rombongan melakukan pencarian kedua survivor selama kurang lebih tiga jam, dengan hasil pencarian nihil, yang ditemukan hanya motor milik survivor yang masih terparkir di Kantor Desa Mekarjaya," ucapnya.

Setelah berkoordinasi dengan dengan BPBD Kab Bandung, petugas gabungan dan keluarga korban di basecamp pendakian Kantor SAR Bandung memberangkatkan satu tim rescue pukul 06.10 WIB. 

"Diketahui dari keluarga korban, kedua survivor tidak membawa perlengkapan survival yang lengkap karena rencana awal tidak akan berkemah di puncak," kata Deden.

Satu tim rescue diterjunkan menggunakan satu unit rescue car double cabin dan membawa satu set palsar mountaineering, dua lembar peta rupa bumi Gunung Malabar, satu set peralatan navigasi, satu set peralatan alat komunikasi, satu set peralatan medis, dan alat perlindungan diri personal. (*)

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dua Pendaki Hilang di Gunung Malabar, Tim SAR Lakukan Pencarian"

Baca juga: Tak Terima Temannya Dimaki dan Dapat Bintang Satu, Puluhan Driver Ojol Datangi Rumah Pelanggan

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved