Berita Jateng

Proyek Tol Yogyakarta-Bawen Bakal Terjang Lahan Mantan Gubernur Jateng di Magelang

Jalan tol Yogyakarta-Bawen berdampak pada lahan milik hakim tinggi Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Jakarta Sunarto dan mantan Gubernur Jawa Tengah perio

Editor: m nur huda
Ist./Tribunjogja.com
Rute Jalur Tol Yogyakarta-Bawen (garis merah). Tol ini nantinya akan terhubung dengan Tol Yogyakarta-Solo 

TRIBUNJATENG.COM, MAGELANG - Proyek pembangunan tol Yogyakarta-Bawen berdampak pada lahan milik hakim tinggi Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Jakarta Sunarto dan mantan Gubernur Jawa Tengah periode 1993-1998, Soewardi.

Lahan yang terdampak itu terungkap pada kegiatan Konsultasi Publik Pengadaan Tanah untuk Pembangunan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen di Balai Desa Kalikuto, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Senin (31/01/2022).

"Saya hanya mewakili dari keluarga untuk ikut sosialisasi ini. Saya kira setuju (sepakat lahannya terdampak Tol Yogyakarta-Bawen)," ujarnya usai kegiatan, dikutip dari laman resmi Pemprov Jateng.

Baca juga: Peletakan Batu Pertama Tol Yogyakarta-Bawen Dimulai dari Mlati Sleman pada Maret

Baca juga: Desa Terdampak Tol Yogyakarta-Cilacap di Kebumen, Banyumas, dan Purworejo

 

Namun, yang pasti, ingin memanfaatkan 2,5 persennya untuk berzakat.

Hal senada juga disampaikan Retno, selaku perwakilan dari keluarga mantan Gubernur Jateng periode 1993-1998, Soewardi.

Menurut dia, lahan milik keluarga yang terdampak tol berupa lahan sawah sekitar 4.700 meter persegi dan sebagian kandang ayam yang belum diketahui luasannya.

"Kalau nanti, ke depannya, meningkatkan perekonomian masyarakat, saya setuju. Semoga, berjalan lancar sampai nanti pembayaran (uang ganti kerugian)," kata perempuan yang mengaku keponakan Soewardi itu.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Tol Yogyakarta-Bawen Moh Fajri Nukman menyampaikan, pembebasan lahan tol tidak memilih titik tertentu atau kepemilikan pihak tertentu. Namun, murni untuk memenuhi kebutuhan konstruksi.

"Pembebasan lahan jalan tol ini murni kebutuhan konstruksi jalan tol di lapangan. Ini murni berdasarkan desain perencanaan jalan tol itu sendiri," kata Fajri.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved